Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Tolak Permintaan Ukraina Larang Visa Perjalanan Warga Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 23 Agustus 2022, 15:22 WIB
AS Tolak Permintaan Ukraina Larang Visa Perjalanan Warga Rusia
Ilustrasi/Net
rmol news logo Seruan Ukraina agar negara-negara Barat memberlakukan larangan perjalanan terhadap warga Rusia ditolak oleh Amerika Serikat (AS).

Departemen Luar Negeri AS menekankan, penting untuk membedakan antara tindakan yang dilakukan oleh pemerintah Rusia dan orang-orang Rusia.

Deplu juga menegaskan pihaknya tidak akan menutup jalur perlindungan untuk warga Rusia yang ingin mengungsi. Sebab, mereka sangat rentan terhadap pelanggaran HAM oleh otoritas negaranya.

"Maka penting untuk menarik garis antara tindakan pemerintah Rusia dan kebijakannya di Ukraina dengan orang-orang Rusia yang tidak bersalah," kata Deplu, seperti dimuat dalam Anadolu Agency pada Selasa (23/8).

Alih-alih, AS mengatakan pihaknya akan terus mengidentifikasi keterlibatan para pejabat Rusia dalam invasi ke Ukraina dan berjanji akan meminta pertanggungjawaban mereka.

Meski begitu, pada dasarnya AS telah banyak menjatuhkan sanksi kepada Rusia sejak dimulainya invasi ke Ukrainapada 24 Februari lalu. Sanksi termasuk pembatasan visa pada 5.000 pejabat Rusia.

Pada 8 Agustus lalu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengimbau negara-negara Barat untuk melarang Rusia memasuki negara mereka sebagai bagian dari sanksi atas tindakan agresi Rusia.

Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin juga mendukung pelarangan Rusia menerima visa turis, dan meminta Uni Eropa untuk mengadopsi kebijakan serupa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA