Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Jika Liz Truss Jadi PM Inggris, Rishi Sunak Ogah Ambil Bagian dalam Kabinet

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 23 Agustus 2022, 17:01 WIB
Jika Liz Truss Jadi PM Inggris, Rishi Sunak Ogah Ambil Bagian dalam Kabinet
Kandidat PM Inggris, Rishi Sunak/Net
Calon perdana menteri Inggris, Rishi Sunak, berkomitmen tidak akan mengambil posisi di kabinet jika saingannya, Liz Truss, menang dalam pemilihan.  

Hal itu ia sampaikan dalam sebuah wawancara dengan Radio BBC. Sebagai tanggapan atas laporan yang menyebut Truss saat ini mempertimbangkan agar Sunak menjadi menteri kesehatan di kabinetnya jika ia dinyatakan sebagai PM Inggris.

Sunak menyatakan dirinya ragu dengan Truss dan menuduhnya telah menggaungkan konsep ekonomi utopis yang akan membawa Inggris ke jurang inflasi yang lebih dalam.

Seperti dikutip dari Politics UK, kandidat PM yang menang biasanya menawarkan jabatan tinggi kepada saingan mereka. Ini bertujuan untuk menunjukkan kesopanan dan sebagai salah satu cara menjaga mereka tetap memberikan keberpihakannya.  

Pengunduran diri Sunak dari kabinet bulan lalu dianggap sebagai titik balik yang memicu jatuhnya PM Boris Johnson.  

Sunak menjelaskan niatnya sejak awal, meluncurkan kampanye kepemimpinannya dengan harapan menjadi perdana menteri berikutnya.

Tetapi jejak pendapat menunjukkan bahwa Truss jauh difavoritkan untuk memenangkan kampanye. Kedua kandidat akan menghadapi audiensi yang terdiri dari 1.000 anggota partai Konservatif pada Selasa (23/8) dalam acara yang diselenggarakan oleh Times Radio.

ARTIKEL LAINNYA