Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Penasihat Keamanan Gedung Putih Telepon Luhut, Ada Apa?

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 23 Agustus 2022, 17:39 WIB
Penasihat Keamanan Gedung Putih Telepon Luhut, Ada Apa?
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan/Net
Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS), Jake Sullivan melakukan panggilan telepon dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada Senin (22/8).

Menurut keterangan yang dikutip redaksi dari Kedutaan Besar AS di Jakarta, keduanya membahas perluasan kerjasama ekonomi dan upaya meningkatkan kemakmuran lewat Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik atau Indo-Pasific Economic Framewok (IPEF).

IPEF merupakan program yang diluncurkan oleh pemerintahan Presiden Joe Biden untuk kerjasama ekonomi yang lebih adil di kawasan.

Selain Indonesia, sejumlah negara yang bergabung dalam program ini termasuk Australia, India, Korea Selatan, Jepang, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Vietnam, Singapura, Thailand, hingga Brunei Darussalam. Jika digabungkan, maka IPEF mewakili 40 persen GDP global.

"Keduanya juga membahas upaya yang sedang dilakukan untuk mendukung kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah G20 tahun ini, serta upaya untuk mengatasi krisis iklim, menangani kerawanan pangan global, dan menurunkan harga energi," lanjut kedutaan.

Ini bukan kali pertama bagi Sullivan melakukan dialog dengan Luhut. Keduanya juga bertemu di Gedung Putih pada Oktober tahun lalu.

ARTIKEL LAINNYA