Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Makin Lengket, Suriah Siap Jalin Hubungan Diplomatik dengan Donetsk dan Luhansk

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 24 Agustus 2022, 06:47 WIB
Makin Lengket, Suriah Siap Jalin Hubungan Diplomatik dengan Donetsk dan Luhansk
Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad/Net
rmol news logo Setelah mengakui kedaulatan Republik Rakyat Donetsk (DPR) dan Republik Rakyat Luhansk (LPR), Damaskus berencana menjalin hubungan diplomatik dengan dua wilayah yang dikuasai separatis Rusia itu dalam beberapa minggu mendatang.

Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad mengatakan niatnya itu dalam pertemuan dengan rekannya Sergey Lavrov pada Selasa (23/8).

"Kami akan bertukar hubungan diplomatik dengan Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk dalam beberapa hari atau minggu mendatang," katanya, seeprti dikutip dari The Moskow Times.

Suriah yang mengumumkan pengakuan kedaulatan DPR dan LPR pada 29 Juni menyatakan akan berdiri bersama Rusia dan dua wilayah itu dan mendukung operasi militer khusus Rusia di Ukraina.

 adil dan sah karena mengungkap tujuan nyata Barat melawan Rusia.

"Kami berharap dalam beberapa minggu mendatang, pasukan Rusia akan mencapai tujuan yang ditetapkan oleh (Presiden) Vladimir Putin. Kami yakin bahwa tujuan ini pada akhirnya akan tercapai," tegas Mekdad, menambahkan bahwa operasi militer itu adalah sah karena mengungkao tujuan Barat yang sebenarnya yang mengendalikan Ukraina untuk ambisinya.

Suriah juga telah menyatakan kesiapan negara itu untuk mempertimbangkan secara serius setiap permintaan DPR dan LPR, termasuk partisipasi pengamat Suriah dalam pengadilan penjahat perang. DPR telah mengklaim bahwa pasukan Ukrana telah lama melanggar hukum internasional dengan tindakannya dalam kejahatan perang di Donbass.

Ketua DPR Denis Pushylin mengatakan selain Suriah, Rusia dan Belarusia juga siap mengirimkan pengamat ke pengadilan penjahat perang yang rencananya akan digelar di Republik Rakyat Donetsk dalam waktu dekat. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA