Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Semakin Tidak Aman, Meksiko Tambah Satu Catatan Kematian Terhadap Jurnalis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 24 Agustus 2022, 08:14 WIB
Semakin Tidak Aman, Meksiko Tambah Satu Catatan Kematian Terhadap Jurnalis
Pekerja media melakukan aksi protes pada Juni 2022 karena tingkat kekerasan terhadap wartawan yang semakin meningkat/Inside Headline
rmol news logo Seorang jurnalis ditembak mati di Meksiko Selatan pada Senin (22/8), insiden ini menambah korban jurnalis yang tewas menjadi 15 kasus sepanjang tahun ini, tahun yang dianggap paling mematikan bagi pekerja media di Meksiko.

Kolumnis Fredid Roman, yang juga pendiri dan direktur surat kabar La Realidad, ditemukan dengan luka tembak fatal di mobilnya di Chilpancingo, ibu kota negara bagian Guerrero di pesisir Pasifik.

Dilansir dari AA News, beberapa jam sebelum kematiannya, Roman menerbitkan sebuah unggahan di Facebook yang berjudul "Kejahatan Negara tanpa Menyalahkan Bos".

Sementara Jaksa memprediksikan kematian jurnalis ini kemungkinan terkait dengan pembunuhan baru-baru ini yang terjadi terhadap putranya Baldemar, yang terbunuh di Chilpancingo pada 1 Juli lalu.

Pembunuhan Roman terjadi seminggu setelah jurnalis Juan Arjon Lopez ditemukan tewas di Meksiko Utara dengan tubuh yang menunjukkan tanda-tanda kekerasan.

Sebelumnya pembunuhan juga terjadi pada awal Agustus, Ernesto Mendez, seorang jurnalis dari Meksiko tengah dibunuh di Guanajuato.

Menurut kelompok hak asasi Article19, kekerasan terhadap pekerja media semakin meningkat sejak Presiden Andres Manuel Lopez Obrador mulai menjabat pada Desember 2018. Organisasi itu mengatakan negara bagian Meksiko telah terlibat dalam lebih dari 38 persen dari semua serangan terhadap jurnalis selama periode ini.

Meksiko menjadi negara paling tidak ramah bagi para jurnalis di luar zona perang, selama periode Agustus telah tercatat tiga jurnalis yang dilaporkan tewas terbunuh. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA