Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

HUT ke-57, Singapura Gelar Resepsi National Day di Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 24 Agustus 2022, 08:50 WIB
rmol news logo Kedutaan Besar Singapura merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan yang ke-57 dengan meriah di Hotel Shangri-La, Jakarta pada Selasa malam (23/8).

Setiap tahunnya, Kedutaan Besar Singapura menggelar resepsi National Day atau Hari Kebangsaan. Namun ini menjadi yang pertama sejak pandemi Covid-19 melanda.

Deputy Chief of Mission & Counsellor Kedutaan Besar Singapura, Jeremy Sor menyebut perayaan ini juga untuk memperingati hubungan diplomatik antara Singapura dan Indonesia yang sudah menginjak usia 55 tahun.

"Dua negara kita adalah tetangga dekat dan teman lama... Sebagai anggota ASEAN, Singapura dan Indonesia terus mengedepankan kunci kemakmuran di kawasan," ujarnya ketika membuka acara.

Jeremy Sor juga mengatakan, hubungan Singapura dan Indonesia bahkan terbukti kuat selama pandemi. Hal itu terlihat dari upaya kedua negara untuk memperkuat kerjasama, bahkan investasi Singapura di Indonesia meningkat selama pandemi.

Setelah Jeremy Sor, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar turut memberikan sambutan sebagai perwakilan pemerintah Indonesia.

Senada dengan Jeremy Sor, Halim Iskandar menyoroti semakin kuatnya hubungan Indonesia dan Singapura, khususnya dalam hal kerjasama ekonomi dan investasi.

Dalam kesempatan tersebut, Mendes menyampaikan komitmen Indonesia sebagai Presidensi G20 untuk mengupayakan pemulihan dampak pandemi.

Sebelum sambutan, acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Majulah Singapura. Kemudian dilakukan prosesi pemotongan kue HUT ke-57 Singapura dan ramah tamah.

Perayaan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh dan kalangan. Tampak Agus Harimurti Yudhoyono dan istri Annisa Pohan, Muhaimin Iskandar, hingga Chairul Tanjung hadir. Di samping itu juga terlihat jajaran korps diplomatik asing dari berbagai negara dan para pengusaha.

Singapura merdeka pada tanggal 9 Agustus 1965, dan memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia pada 7 September 1967.

Saat ini, Singapura telah menunjuk Duta Besar barunya untuk Indonesia, yaitu Kwok Fook Seng, yang bertugas sejak Juli 2022, menggantikan Anil Kumar Nayar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA