Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dubes Vasyl Hamianin: Cukup Jadi Manusia untuk Mendukung Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 24 Agustus 2022, 21:08 WIB
Dubes Vasyl Hamianin: Cukup Jadi Manusia untuk Mendukung Ukraina
Perayaan HUT ke-31 Kemerdekaan Ukraina di Sekretariat FPCI, Jakarta Pusat pada 24 Agustus 2022/RMOL
rmol news logo Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perayaan Hari Kemerdekaan Ukraina kali ini dilakukan warga Ukraina di tengah perang.

Di Jakarta, perayaan HUT ke-31 Ukraina diselenggarakan di Sekretariat Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Sudirman, Jakarta Pusat pada Rabu (24/8).

Acara ini dihadiri oleh Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin, pendiri FPCI Dino Patti Djalal, serta mantan Duta Besar Indonesia untuk Ukraina Yudi Chirsnandi.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Ukraina dan lagu kebangsaan Indonesia. Setelahnya memutarkan video situasi Ukraina sebelum dan setelah terjadi invasi Rusia.

Video ketika para remaja Ukraina menyampaikan harapannya terkait penghentian perang suasana berubah menjadi haru. Kemudian Hamianin membacakan sebuah puisi.

Dalam pidato pembukaannya, Hamianin menyampaikan bagaimana perbedaan perayaan kali ini dengan perayaan kemerdekaan sebelumnya.

"Hari ini semua orang Ukraina merayakan Hari Kemerdekaan di dalam hatinya... Hal utama yang kita pedulikan adalah untuk tetap aman, bersama-sama untuk terus berjuang, bersama-sama untuk membawa kebebasan dan kemerdekaan ke seluruh wilayah Ukraina," ujar Hamianin.

Meski begitu, ia menekankan, semangat rakyat Ukraina semakin membara, dan semakin optimis untuk bisa meraih kemenangannya.

“Mereka (Rusia) mencoba membuat kita menyerah. Namun ini tidak akan terjadi,” tegasnya.

Lebih lanjut, Hamianin menyerukan agar dunia bersama-sama mendukung perlawanan agresi yang dilakukan oleh Rusia demi kemanusiaan.

“Anda tidak harus jadi Ukraina untuk mendukung Ukraina atau memahami rasa sakit (yang kami rasakan). Anda hanya harus menjadi manusia untuk membantu melawan agresi dan ekspansi,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA