Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Uni Eropa akan Kirimkan Bantuan Lanjutan untuk Ukraina Sekitar 8 Miliar Euro

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 25 Agustus 2022, 11:29 WIB
Uni Eropa akan Kirimkan Bantuan Lanjutan untuk Ukraina Sekitar 8 Miliar Euro
Josep Borrel Kepala Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Uni Eropa/EuractivNet
rmol news logo Sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Febuari lalu, Uni Eropa(UE) hingga kini terus memberikan dukungannya untuk Ukraina dengan memberikan paket bantuan keuangan senilai 9,5 miliar euro atau sekitar 140 triliun rupiah.

Kini UE tengah mempersiapkan paket bantuan lanjutan sekitar delapan miliar euro.
"Kami memberikan dukungan kemanusiaan dan bantuan keuangan makro, untuk menjaga negara Ukraina tetap bertahan. Secara total, 9,5 miliar euro telah dimobilisasi oleh Tim Eropa sejauh ini, dan bantuan keuangan makro tambahan hingga 8 miliar euro sedang dalam proses," kata Josep Borrell, Kepala Urusan Luar Negeri pada Rabu (24/8).

Dilansir dari Ani News, paket bantuan tersebut telah mencakup ke berbagai sektor, dengan 2,5 miliar euro untuk bantuan militer, 2,2 miliar untuk bantuan keuangan makro, 620 juta untuk dukungan anggaran, 335 juta untuk bantuan kemanusiaan, serta 330 juta untuk paket bantuan darurat untuk pengungsi internal, kesehatan perawatan serta infrastruktur.

Selain itu, satu miliar euro dialokasikan sebagai pinjaman dari Bank Eropa untuk rekonstruksi dan pembangunan untuk mendukung pengungsi Ukraina, di samping itu Bank Investasi Eropa juga telah meminjamkan dananya untuk kebutuhan keuangan darurat bagi Ukraina sebesar 1,5 miliar dan 668 juta euro untuk mendukung perusahaan milik negara.

Uni Eropa sejauh ini telah menepati komitmennya untuk terus mendukung Ukraina dengan dana internasional untuk membangun kembali Ukraina dan membuatnya tetap bertahan seperti yang dibahas dalam KTT pada akhir Mei lalu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA