Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Rayakan 30 Tahun Hubungan Diplomatik, China dan Korsel Siap Kembangkan Kerja Sama

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 25 Agustus 2022, 11:52 WIB
Rayakan 30 Tahun Hubungan Diplomatik, China dan Korsel Siap Kembangkan Kerja Sama
Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol dan Presiden China Xi Jinping/Net
China dan Korea Selatan akan menjadi tetangga, teman, dan mitra baik. Begitu disampaikan Presiden China Xi Jinping kepada Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol saat keduanya bertukar ucapan selamat untuk menandai peringatan 30 tahun pembentukan hubungan diplomatik kedua mitra ekonomi pada Rabu (24/8) waktu setempat.

Xi mengingatkan, selama 30 tahun terakhir, China dan Korea Selatan telah mengembangkan hubungan ke segala arah dan mengikuti perkembangan zaman, membawa manfaat yang signifikan bagi kedua negara dan masyarakat dan memberikan kontribusi penting bagi perdamaian dan pembangunan regional dan global.

Ketika pandemi memperparah perubahan yang tidak terlihat dalam satu abad, dunia kini memasuki periode turbulensi dan transformasi baru.

"Pada saat kritis ini, komunitas internasional, termasuk China dan Korea Selatan, hanya dapat mengatasi krisis dengan berdiri bersama dengan fokus pada solidaritas dan kerja sama," kata Xi, seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (25/8).

Xi juga menyatakan kesiapannya memperkuat komunikasi strategis dengan Yoon sebagai titik awal baru. Menghilangkan gangguan, mengkonsolidasikan persahabatan dan fokus pada kerja sama untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah.

Sementara Yoon memuji apa yang telah dicapai kedua negara dengan pesat di bidang politik, ekonomi dan budaya, dengan kemitraan kerjasama strategis antara kedua negara terkonsolidasi.

"Perdagangan tahunan antara kedua negara telah melonjak hampir 50 kali lipat, pertukaran orang-ke-orang telah meningkat puluhan kali, dan berbagai pertukaran budaya telah meningkatkan saling pengertian antara kedua bangsa," katanya.

China telah menjadi mitra dagang terbesar Korea Selatan, sedangkan Korea Selatan adalah mitra dagang terbesar ketiga China. Laporan yang dirilis Kementerian Perdagangan China menyebutka bahwa investasi dua arah kumulatif antara kedua negara selama tiga dekade telah melampaui 100 miliar dolar AS.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA