Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Thailand Upayakan Ambil Kembali Tiga Patung Buddha Kuno dari Museum AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 25 Agustus 2022, 13:33 WIB
Thailand Upayakan Ambil Kembali Tiga Patung Buddha Kuno dari Museum AS
Patung perunggu Avalokitesvara, kiri, dan dua patung Buddha, tengah dan kanan, dari Museum Seni Denver di Colorado./Foto: Kementerian Kebudayaan Thailand/Bangkok Post
RMOL. Pemerintah Thailand terus berupaya mengambil kembali setidaknya tiga benda kuno yang dipajang di museum Amerika Serikat.

Menteri Kebudayaan Thailand Itthiphol Kunplome mengatakan, tiga benda kuno yang sedang diupayakan komite pengambilan benda-benda kuno adalah patung perunggu Avalokitesvara, manifestasi duniawi dari Buddha Amitabha abadi, dan dua patung Buddha berdiri.

Avalokitesvara termasuk dalam periode pra-Angkorian antara abad ke-6 dan ke-9 sedangkan kedua patung tersebut berasal dari periode Dvaravati dari abad ke-7 hingga ke-11.

Menteri mengatakan patung-patung itu dipajang di Museum Seni Denver di Colorado.

"Kementerian telah melaporkan kepada Perdana Menteri Jenderal Prayut Chan-o-cha tentang keberhasilan sebelumnya dalam mengamankan kembalinya dua ambang pintu kuno, yang diyakini pihak berwenang dicuri dari situs arkeologi di cagar alam bersejarah Prasat Khao Lon di Sa Kaeo dan Prasat Nong Hong di Buri Ram pada awal 1960-an," katanya, seperti dikutip dari Bangkok Post, Kamis (25/8).

Lintel, yang dipajang di Asian Art Museum di San Francisco, dipamerkan di Museum Nasional Bangkok dekat Grand Palace selama tiga bulan setelah mereka tiba kembali di Thailand pada Mei tahun lalu.

Bulan lalu, mahkota emas antik yang merupakan bagian dari patung Buddha berusia 500 tahun dari era Lanna dikembalikan ke kerajaan. Tidak jelas dari wilayah AS mana mahkota itu diambil. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA