Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Ribuan Warga Argentina Turun ke Jalan, Dukung Wapres yang Kena Skandal Korupsi

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 28 Agustus 2022, 08:38 WIB
Ribuan Warga Argentina Turun ke Jalan, Dukung Wapres yang Kena Skandal Korupsi
Demonstrasi di Buenos Aires, Argentina pada Sabtu, 27 Agustus 2022/Net
Jalanan di ibukota Buenos Aires, Argentina dipenuhi oleh ribuan pendukung mantan presiden yang saat ini menjabat sebagai wakil presiden, Cristina Fernandez de Kirchner.

Demonstrasi besar-besaran itu juga terjadi di luar kediaman wapres di lingkungan Recoleta pada hari yang sama, Sabtu (27/8).

Aksi tersebut dilakukan beberapa hari setelah dua jaksa mengajukan hukuman penjara 12 tahun dan larangan jabatan publik kepada Fernandez de Kirchner atas dugaan kasus korupsi.

Fernandez de Kirchner dituduh menipu negara dan terlibat dalam skema untuk mengalihkan dana publik saat menjadi presiden antara 2007 dan 2015.

Namun para pendukungnya menyebut Fernandez de Kirchner adalah korban penganiayaan pengadilan.

Selama aksi protes, Reuters melaporkan, para pengunjuk rasa merobohkan pagar penghalang dan tembok polisi. Sementara polisi berusaha membubarkan massa dengan air.

Menurut media lokal, lima petugas polisi terluka dan empat pengunjuk rasa ditangkap.

"Mereka ingin melarang demonstrasi cinta dan dukungan yang benar-benar damai dan menyenangkan, yang terjadi di hadapan penganiayaan pengadilan yang sudah tak terbantahkan," cuit Fernandez de Kirchner di Twitter.

Sebagai tanda dukungan, Presiden Alberto Fernandez membagikan pesan tersebut di akun Twitter-nya sendiri.

Putusan dan kemungkinan hukuman akan diputuskan oleh hakim, yang kemungkinan memakan waktu berbulan-bulan. Fernandez de Kirchner juga dapat mengajukan banding atas keputusan apa pun.

ARTIKEL LAINNYA