Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Serbia: Tujuh Negara Siap Tarik Pengakuan Kemerdekaan Kosovo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 29 Agustus 2022, 06:51 WIB
Presiden Serbia: Tujuh Negara Siap Tarik Pengakuan Kemerdekaan Kosovo
Presiden Serbia Aleksandar Vucic/Net
rmol news logo Sebanyak tujuh negara dilaporkan telah siap menarik pengakuan mereka atas kemerdekaan Kosovo.

Presiden Serbia Aleksandar Vucic mengatakan tanpa menyebut negara mana saja yang ia maksud, mengatakan  Beograd tidak bisa diam saja ketika perwakilan Pristina bekerja secara aktif memastikan bahwa beberapa negara besar di Afrika dan Asia mengakui kemerdekaan Kosovo.

"Saat ini, di laci saya dan di laci Menteri Luar Negeri, ada tujuh dokumen yang mengkonfirmasi penghentian pengakuan Kosovo," kata Vucic dalam pidatonya, seperti dikutip dari RT, Senin (29/8).

Menteri luar negeri Serbia, Nikola Selakovic, mengatakan pada Mei lalu bahwa empat negara telah menarik pengakuan mereka atas Kosovo.

"Bila perlu, kami akan menyebutkan nama-nama negara ini nantinya," katanya saat itu.

Pernyataan Vucic datang saat Serbia dan Kosovo mencapai kesepakatan tentang kebebasan di perbatasan. Beograd setuju untuk mengijinkan pemegang indentitas Kosovo untuk bebas bepergian ke Serbia, begitu juga dengan Pristina yang akan memberikan hak yang sama kepada pemegang identitas Serbia.

Vucic menyatakan bahwa tindakan itu diambil semata-mata untuk alasan praktis dan bukan merupakan langkah menuju pengakuan Pristina oleh Beograd.

Kesepakatan yang dimediasi oleh UE menyusul ketegangan selama berminggu-minggu antara Serbia dan Kosovo. Masalah-masalah tertentu yang mengganggu hubungan antara Pristina dan Beograd, termasuk plat nomor, masih belum terselesaikan.

Kurang dari setengah negara anggota PBB telah mengakui Kosovo sejak wilayah yang memisahkan diri itu secara sepihak mendeklarasikan kemerdekaannya dari Serbia pada tahun 2008. Namun, Yunani, Rumania, Slovakia, dan Spanyol, sejauh ini belum melakukannya.

Dari G20, 11 negara mengakuinya dan delapan tidak. Mereka yang tidak mengakui kemerdekaan wilayah yang memisahkan diri termasuk Rusia, China, India, Brasil, Afrika Selatan, Argentina, Indonesia, dan Meksiko.

Beograd mengklaim berhasil meyakinkan 18 negara untuk menarik pengakuan mereka atas Kosovo. Daftar negara yang diduga melakukannya, menurut otoritas Serbia, sebagian besar mencakup negara-negara yang terletak di Karibia, Afrika, dan kawasan Asia-Pasifik.

Namun, Kosovo menepis pernyataan itu sebagai propaganda Serbia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA