Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tingkatkan Kapasitas Pendidikan, ASEAN-India Network of Universities Resmi Dirilis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 29 Agustus 2022, 13:05 WIB
rmol news logo ASEAN dan India secara resmi meluncurkan ASEAN-India Network of Universities (AINU), yang menjadi jembatan penghubung di antara perguruan tinggi dan universitas yang ada.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Peluncuran AINU digelar di Sekretariat ASEAN, Jl. Sisingamangaraja, Jakarta Selatan pada Senin (29/8).

Menteri Pendidikan India, Dr. Rajkumar Ranjan Singh bersama Sekretaris Jenderal ASEAN, Lim Jock Hoi merilis AINU dengan prosesi tiga kali pemukulan gong.

Peluncuran tersebut juga dihadiri oleh Duta Besar India untuk ASEAN Jayant N. Khobragade, Vice Chancellor Nalanda University Prof. Sunaina Singh, dan Direktur Eksekutif ASEAN University Network Dr. Choltis Dhirathiti.

Dijelaskan oleh Ranjan Singh, AINU diinisiasi oleh Perdana Menteri Narendra Modi, yang kemudian diumumkan selama KTT ASEAN-India pada 2018.

AINU diharapkan menjadi sebuah konsrsium lembaga pendidikan dan penelitian di negara-negara anggota ASEAN dan India.

"Saya sangat senang dapat meresmikannya hari ini bersama dengan Sekjen ASEAN (Dato Lim Jock Hoi). Saya juga senang hadir di sini bersama Nalanda University," ujar Ranjan Singh dalam pidatonya.

Sementara itu, Dato Lim Jock Hoi mengapresiasi diluncurkannya AINU yang dapat memperkuat hubungan people-to-people antara masyarakat ASEAN dan India.

"Saya berharap AINU dapat membantu kita dalam mengatasi berbagai tantangan di kawasan... AINU diharapkan juga dapat memberikan platform untuk berkolaborasi dan berinovasi," terangnya.

Peluncuran AINU dilakukan untuk memperingati 30 tahun dialog ASEAN-India. Terdapat tiga fokus dalam program ini, yaitu pertukaran fakultas, pertukaran pelajar, dan riset bersama.

"Saya percaya (AINU) bisa meningkatkan kapasitas pelajar dan peneliti kita," lanjut Dato Lim Jock Hoi.

Hingga saat ini sudah ada beberapa perguruan tinggi yang bergabung dengan AINU.

Dari ASEAN meliputi Universiti Brunei Darussalam (Brunei), Universitas Indonesia (Indonesia), Universitas Jambi (Indonesia), Universiti Malaya (Malaysia), Yangon University (Myanmar), Mahidol University (Thailand), dan Vietnam National University (Vietnam).

Sementara dari India seperti Nalanda University, Indian Institute of Management, Indian Institute of Technology, Indian Institute of Information Technology, Indian Institute of Space Science Technology, Tezpur University, hingga Indian Institute of Technology.

Vice Chancellor Nalanda University Prof. Sunaina Singh menyatakan harapannya kepada Dato Lim Jock Hoi agar lebih banyak perguruan tinggi di negara-negara ASEAN yang bergabung dengan AINU. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA