Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

IAEA Kirim Tim ke PLTN Zaporizhzhia, Periksa Kerusakan Akibat Perang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 29 Agustus 2022, 16:14 WIB
IAEA Kirim Tim ke PLTN Zaporizhzhia, Periksa Kerusakan Akibat Perang
PLTN Zaporizhzhia/Net
rmol news logo Badan energi atom Perserikatan Bangsa Bangsa, IAEA, akan mengirim tim ke fasilitas pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia untuk menilai dampak kerusakan selama perang antara Rusia dan Ukraina.

Lewat cuitannya pada Senin (29/8), IAEA mengungkap pihaknya akan mengirim tim ke PLTN Zaporizhzhia pada pekan ini setelah berbulan-bulan melakukan negosiasi dengan Rusia.

"Misi tersebut akan dipimpin oleh kepala IAEA Rafael Grossi. Mereka akan menilai dampak kerusakan dari penembakan baru-baru ini di dekat PLTN Zaporizhzhia," kata IAEA.

Dikutip The Star, Grossi mengaku bangga karena dapat memimpin misi tersebut. Ia juga menyerukan kepada semua pihak yang berperang untuk terus melindungi keselamatan dan keamanan fasilitas nuklir terbesar di Ukraina dan Eropa itu.

Kementerian Energi Ukraina mengumumkan pihaknya tidak akan mencegah perjalanan misi IAEA terlebih untuk masalah keamanan.

PBB dan Ukraina telah satu suara untuk mendesak penarikan peralatan militer dan personel Rusia dari pabrik Zaporizhzhia untuk memastikan keamanan umat manusia secara luas.

Grup Non-Proliferasi G7 mengapresiasi upaya IAES untuk mengunjungi wilayah tersebut. Namun mereka menuntut agar IAEA mendapatkan akses penuh di PLTN Zaporizhzhia.

"Petugas dari IAEA harus diizinkan melakukan komunikasi langsung, dan tanpa intervensi, dengan personel Ukraina yang bertanggung jawab di fasilitas tersebut," tambah organisasi itu.

Lebih lanjut, PLTN tidak boleh digunakan untuk aktivitas militer atau penyimpanan peralatan militer. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA