Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Terbukti 'Sangat Kaya', Wakil Kepala Pengawas Korupsi Thailand Dipecat

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 30 Agustus 2022, 06:30 WIB
Terbukti 'Sangat Kaya', Wakil Kepala Pengawas Korupsi Thailand Dipecat
Thailand/Net
Komisi Pemberantasan Korupsi sejatinya adalah membantu pemerintah untuk menumpas jahatan korupsi. Namun, siapa sangka bahwa justru pejabatnya yang diduga terseret dalam tindak kasus korupsi.

Ini terjadi di dalam tubuh Komisi Anti-Korupsi Nasionel Vietnam (NACC).

Wakil Sekretaris Jenderal NACC, Prayad Puangchampa, telah lama dicurigai tersangkut kasus korupsi setelah aparat mendapatinya 'sangat kaya' dengan asetnya yang berjumlah lebih dari 658 juta baht dan sebagian besar disimpan di luar negeri.

Berdasarkan beberapa bukti dari penyelidikan yang telah berjalan lama,  Ketua NACC Watcharapol Prasarnrajkit akhirnya memecat Puangchampa pada Senin (29/8).

Perintah pemecatan Prayad sebenarnya telah ditandayangani Watcharaphol pada Jumat (25/8), menurut laporan Thaipbs World. Menurut ketentuan, seluruh aset Prayad harus disita dan menjadi milik negara.

NACC menyalahkan Prayad karena diduga sengaja menyembunyikan asetnya dengan memberikan pernyataan palsu tentang aset-asetnya.

Aset yang dia coba sembunyikan termasuk enam barang, senilai sekitar dua juta baht, di dalam negeri, yang sebagian menggunakan nama isterinya. Lalu empat barang lainnya yang berlokasi di luar negeri sejak 2019, senilai sekitar 225 juta baht.

Temuan aset-aset tersebut telah disampaikan ke Kejaksaan Agung untuk diteruskan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA