Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

WHO Optimis Wabah Cacar Monyet Dapat Hilang di Eropa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 30 Agustus 2022, 22:43 WIB
WHO Optimis Wabah Cacar Monyet Dapat Hilang di Eropa
Ilustrasi/Net
rmol news logo Merujuk dari sejumlah penurunan kasus cacar monyet yang terjadi di beberapa wilayah Eropa, kini Organisasi Kesehatan Dunia(WHO) menyatakan keoptimisannya untuk dapat menghilangkan wabah tersebut di Eropa.

Hal ini dikatakan oleh Direktur Regional WHO untuk Eropa, Hans Kluge pada Selasa (30/8), seperti dikutip dari Reuters.

Ia mengatakan ada tanda-tanda yang menggembirakan dari penurunan kasus di Prancis, Jerman, Portugal, dan Spanyol yang telah dipantau oleh WHO selama beberapa minggu ke belakang.

"Kami percaya dapat menghilangkan penularan cacar monyet yang berkelanjutan dari manusia ke manusia di wilayah (Eropa)," kata Hans.

Petugas darurat senior WHO, Catherine Smallwood menuturkan, penurunan kasus ini karena masyarakat Eropa cukup sigap dalam mendeteksi penyakit secara dini yang menyebabkan pasien mengisolasi diri lebih cepat, serta perubahan perilaku yang signifikan.

"Kami memiliki beberapa bukti anekdotal yang cukup bagus bahwa orang, terutama pria yang berhubungan seks dengan pria yang berada dalam kelompok risiko tertentu, jauh lebih tahu tentang penyakit ini," jelasnya.

Sejauh ini virus cacar monyet telah tercatat lebih dari 47.600 kasus yang dikonfirmasi di 90 negara. Direktur Regional WHO Eropa menyerukan peningkatan upaya untuk dapat benar-benar menghilangkan virus cacar monyet. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA