Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Putin Sangat Berduka atas Kematian Gorbachev, Pemimpin Uni Soviet yang Membantu Mengakhiri Perang Dingin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 31 Agustus 2022, 07:54 WIB
rmol news logo Kematian mantan pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev menorehkan duka terdalam bagi Presiden Rusia Vladimir Putin

Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Putin sangat bersedih dan menyampaikan belasungkawa atas kematian sahabat, rekan, dan orang yang ia hormati itu.

"Vladimir Putin menyampaikan belasungkawa yang terdalam atas kematian Mikhail Gorbachev. Di pagi hari dia mengirim telegram dengan belasungkawa kepada kerabat dan teman-teman," kata Peskov.

Mikhail Gorbachev, presiden pertama dan terakhir Uni Soviet, meninggal pada usia 91 tahun setelah sakit parah dan berkepanjangan pada Selasa, kata Rumah Sakit Klinik Pusat.

Selama jabatannya, Putin telah bertemu dengan Gorbachev beberapa kali. Terakhir kali ia menerima mantan pemimpin Soviet itu di Novo-Ogaryovo pada Maret 2006, sehari setelah ulang tahun ke-75 politisi tersebut.

Ketika Gorbachev merayakan ulang tahunnya yang ke-90, Putin menunjukkan dalam telegram ucapan selamatnya, memandangnya sebagai bagian dari konstelasi orang-orang yang cerdas dan luar biasa serta negarawan terkemuka.

Putin juga mencatat bagaimana pemimpin Uni Soviet itu memiliki kehidupan yang kaya dan otoritas yang tinggi, dengan kontribusinya pada proyek-proyek sosial, amal, dan pendidikan, serta pengembangan kerja sama kemanusiaan internasional.

Kebijakan Gorbachev membuatnya populer di Barat, tetapi di negaranya sendiri ia tetap menjadi tokoh kontroversial hingga hari ini.

Dia dipuji oleh banyak orang atas inisiatif pelucutan senjatanya, penyatuan Jerman, memicu jatuhnya Tirai Besi dan mengakhiri Perang Dingin, serta memberikan negara-negara Eropa Timur hak untuk menentukan nasib sendiri. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA