Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Von der Leyen: Gorbachev Mampu Meruntuhkan Tirai Besi dan Akhiri Perang Dingin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 31 Agustus 2022, 10:07 WIB
rmol news logo Ucapan duka mengalir dari sejumlah pemimpin dunia atas meninggalnya pemimpin terakhir Uni Soviet Mikhail Gorbachev pada Selasa (30/8) waktu setempat, salah satunya Ketua Komisi Eropa Ursula von der Leyen.

Dalam pernyataannya di Twitter, Von der Leyen menyebut Gorbachev sebagai pemimpin tepercaya dan dihormati.

"Dia memainkan peran penting untuk mengakhiri Perang Dingin dan meruntuhkan Tirai Besi. Ini membuka jalan bagi Eropa yang bebas. Warisan ini tidak akan kami lupakan," tulisnya, seperti dikutip dari AFP, Rabu (31/8).

Sementara itu Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres memuji Gorbachev sebagai satu-satunya negarawan satu-satunya yang mengubah jalannya sejarah.

"Gorbachev melakukan lebih dari individu lain untuk membawa akhir damai Perang Dingin," ujarnya dalam sebuah pernyataan.

Presiden Rusia Vladimir Putin, yang memiliki hubungan yang sulit dengan Gorbachev, juga menyatakan belasungkawa terdalamnya atas Gorbachev.

"Presiden Putin menyatakan simpati yang mendalam atas kematian Mikhail Gorbachev. Di pagi hari dia akan mengirim telegram belasungkawa kepada keluarga dan teman-temannya," kata juru bicara Dmitry Peskov. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA