Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Sepakati Kontrak, Gazprom Rusia Kurangi Pasokan Gas ke Prancis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 31 Agustus 2022, 13:12 WIB
Tak Sepakati Kontrak, Gazprom Rusia Kurangi Pasokan Gas ke Prancis
Gazprom Rusia/Net
rmol news logo Perusahaan energi milik Rusia, Gazprom, kembali melakukan pengurangan pasokan ke Prancis. Langkah tersebut dilakukan setelah kontrak dengan perusahaan Prancis, Engie, tidak mencapai kesepakatan.

Menurut Engie, Gazprom mulai mengurangi pasokannya pada Selasa (30/8) sebagai imbas dari perselisihan kontrak antara kedua perusahaan.

Engie mengatakan sebelum kebijakan baru diberlakukan, pengiriman gas dari Rusia sudah cukup munurun seiring dengan memanasnya konflik di Ukraina.

"Saat ini pasokan bulanan hanya 1,5 tera-watt hours (TWh), dibandingkan dengan total pasokan tahunan Engie sebelumnya yang lebih dari 400 TWh," ujar Engie, seperti dimuat Xinhua.

Perusahaan asal Prancis itu menyatakan telah mengamankan volume pasokan untuk dapat mengurangi dampak dari gangguan pengiriman Gazprom.

Berbeda dengan Engie, Gazprom mengklaim pihaknya sepenuhnya akan menghentikan pengiriman gas ke Prancis mulai Kamis (1/9) karena gagalnya pembayaran.

Pada 14 Juli lalu, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan negaranya tengah berusaha untuk meningkatkan pasokan energi dengan mencari gas di tempat lain, termasuk di Aljazair, Amerika Serikat, Qatar, dan Norwegia.

Pada awal Agustus, Menteri Transisi Energi Prancis, Agnes Pannier-Runacher mengumumkan cadangan gas untuk musim dingin sudah terisi 80 persen penuh dan akan mencapai 100 persen pada 1 November mendatang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA