Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Makin Mesra, India Beri Ucapan Selamat Kemerdekaan untuk Kirgistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 31 Agustus 2022, 14:37 WIB
Makin Mesra, India Beri Ucapan Selamat Kemerdekaan untuk Kirgistan
Menteri Urusan Luar Negeri India S. Jaishankar bersama Menteri Luar Negeri Kirgistan Jeenbek Kulubaev/Net
rmol news logo India memberikan ucapan Hari Kemerdekaan ke-31 untuk Kirgistan. New Delhi juga berkomitmen untuk melanjutkan kemitraan yang maju dan kukuh dengan negara tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri India S. Jaishankar kepada Menteri Luar Negeri Kirgistan Jeenbek Kulubaev di Twitter pada Rabu (31/8).

Sejauh ini, India dan Kirgistan telah berbagi hubungan yang hangat dan bersahabat dalam semua bidang. Bahkan, setahun setelah kemerdekaan Kirgistan, India merupakan negara pertama yang menjalin hubungan diplomatik.

Sejak menjalin hubungan diplomatik pada tahun 1992, kedua negara telah menandatangani beberapa perjanjian kerangka kerja, antara lain seperti tentang Kebudayaan, Perdagangan dan Kerjasama Ekonomi, Penerbangan Sipil, Promosi dan Perlindungan Investasi, Penghindaran Pajak Berganda, serta Konvensi Konsuler.

Republik Kirgistan juga mendukung India mengamankan keanggotaan penuh dalam Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) dan juga mendukung tawaran India untuk menduduki kursi permanen di Dewan Keamanan PBB.

Baru-baru ini pada Juni lalu, Menteri Kebudayaan India Meenakshi Lekhi mengunjungi Kirgistan dan mengadakan pembicaraan dengan Menlu Kulubaev terkait isu-isu internasional.

Dalam kesempatan ini India dan Kirgistan juga melakukan penandatanganan pertukaran budaya untuk tahun 2022-2026 mendatang yang bertujuan untuk semakin memperkaya kerja sama budaya antara kedua negara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA