Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Indonesia Tak Terpengaruh Tekanan Mana Pun, Timor Leste Apresiasi Politik Bebas Aktif

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 01 September 2022, 08:44 WIB
Indonesia Tak Terpengaruh Tekanan Mana Pun, Timor Leste Apresiasi Politik Bebas Aktif
Menteri Luar Negeri Timor Leste, Aurelio Gutteres dalam webinar yang digelar Indonesia Strategic and Defense Studies (ISDS) bertemakan "Refleksi 17 Agustus: Politik luar negeri Indonesia di mata negara sahabat" pada Rabu, 31 Agustus 2022/Repro
Sistem diplomasi Indonesia yang berpegang teguh pada sikap politik bebas aktif diapresisasi Timor Leste sebagai langkah yang tepat untuk memajukan peradaban dan perdamaian.

Begitu yang dikatakan oleh Menteri Luar Negeri Timor Leste, Aurelio Gutteres dalam webinar yang digelar Indonesia Strategic and Defense Studies (ISDS) bertemakan "Refleksi 17 Agustus: Politik luar negeri Indonesia di mata negara sahabat" pada Rabu (31/8).

"Tak terpengaruh dengan tekanan Barat, Indonesia tidak ikut memberi sanksi kepada Rusia. Di kawasan Asia Pasifik, Indonesia juga sangat dihormati karena mendorong dialog untuk meningkatkan kerjasama perdagangan dan keamanan regional," jelasnya.

Terlepas dari sejarah yang buruk di masa lalu, Aurelio menekankan hubungan Timor Leste dengan Indonesia tetap dekat dan terawat.

"Timor Leste pernah menjadi bagian dari Indonesia. Suasana dan bahasa NKRI masih melekat di negara kami. Sejarah kelam di masa lalu, telah menjadi pengalaman berharga yang mengantarkan rakyat kedua negara untuk dapat hidup berdampingan dan rukun," ujarnya.

Hubungan kedua negara yang baik, mendorong kesiapan Timor Leste untuk bekerjasama dengan Indonesia baik di ranah regional maupun global untuk masa depan yang lebih baik.

Aurelio menyebut banyaknya kerjasama yang terjalin antara Indonesia dan negaranya, termasuk pada bidang ekonomi, pendidikan, pertahanan, keamanan, teknolog dan telekomunikasi.

"Khususnya di bidang pertahanan dan keamanan, perbatasan Indonesia dan Timor Leste menjadi yang paling aman di dunia karena belum pernah terjadi konflik," pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA