Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

43 Tahun Dilarang, Perempuan di Iran Akhirnya Diizinkan Nonton Pertandingan Sepakbola

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 02 September 2022, 18:33 WIB
43 Tahun Dilarang, Perempuan di Iran Akhirnya Diizinkan Nonton Pertandingan Sepakbola
Perempuan di Iran diizinkan menonton sepakbola/Net
rmol news logo Untuk pertama kalinya sejak Revolusi Islam tahun 1979, perempuan di Iran akhirnya diizinkan untuk menonton pertandingan sepakbola.

Sekelompok perempuan terlihat berada di Stadion Azadi pada 25 Agustus lalu untuk menyaksikan laga lokal antara Esteghlal FC dengan Sanat Mes Kerman FC.

Dari video dan foto yang tersebar, tampak mereka memakai baju senada dengan tim yang mereka dukung, tidak lupa membawa bendera masing-masing tim.

Mereka juga memasuki stasion lewat gerbang yang terpisah dengan laki-laki. Mereka juga duduk terpisah, dan diawasi oleh petugas perempuan yang mengenakan burka.

Aturan yang melarang perempuan Iran menonton turnamen sepakbola laki-laki telah bertahan selama 43 tahun. Sehingga pencabutannya disambut bahagia.

"Kami sedang kalian ada di stadion Azadi," cuit tim sepakbola Esteghal FC di Twitter, sembari mengunggah foto supporter perempuan.

Menurut CNN, sikap progresif yang diambil oleh Iran dilakukan setelah negara itu ollos ke Piala Dunia FIFA Qatar yang akan diadakan pada November mendatang.

Peningkatan tekanan dari FIFA dan aktivis HAM, membuat ribuan perempuan akhirnya diizinkan untuk menghadiri pertandingan Kualifikasi Piala Dunia antara Iran dan Kamboja tiga tahun lalu.

Namun, Iran sempat mendapat kecaman keras dari FIFA pada 2019, ketika seorang penggemar sepak bola perempuan Iran Sahar Khodayari membakar dirinya saat ditolak masuk menonton pertandingan di Teheran hanya karena tidak mengenakan hijab. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA