Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

India Geser Inggris Jadi Kekuatan Ekonomi Terbesar Nomor 5 di Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 04 September 2022, 11:40 WIB
India Geser Inggris Jadi Kekuatan Ekonomi Terbesar Nomor 5 di Dunia
Bendera India/Net
rmol news logo India telah menggeser Inggris sebagai ekonomi terbesar kelima di dunia, membuat London berada di belakang di posisi keenam, disusul oleh Prancis.

Berdasarkan angka produk domestik bruto (PDB) dari Dana Moneter Internasional (IMF), bekas koloni Inggris itu mencatat keunggulan pada kuartal pertama.

Jika dihitung dalam nilai tukar dolar, maka ekonomi India hingga Maret mencapai 854,7 miliar dolar AS. Pada periode yang sama, Inggris mencatat 816 miliar dolar AS.

Perhitungan dilakukan dengan menggunakan database IMF dan nilai tukar historis dari Bloomberg.

Ekonomi India diperkirakan tumbuh lebih dari 7 persen tahun ini. Sementara PDB Inggris tumbuh hanya 1 persen dalam bentuk tunai pada kuartal kedua dan, setelah disesuaikan dengan inflasi, menyusut 0,1 persen.

Poundsterling juga berkinerja buruk terhadap dolar yang relatif terhadap rupee India, dengan poundsterling jatuh 8 persen terhadap mata uang India tahun ini.

Perkiraan IMF menunjukkan, India akan menyalip Inggris dalam catatan ekonomi tahunan. Sehingga posisi India akan berada di belakang Amerika Serikat, China, Jepang, dan Jerman.

Satu dekade lalu, India menempati peringkat ke-11 di antara ekonomi terbesar, sementara Inggris berada di urutan kelima. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA