Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Korban Jiwa Akibat Banjir Sudan Bertambah Jadi 112 Orang

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 05 September 2022, 07:49 WIB
Korban Jiwa Akibat Banjir Sudan Bertambah Jadi 112 Orang
Banjir yang melanda Sudan/Net
Di tengah kekacauan politik dan krisis ekonomi, kini Sudan kembali dilanda bencana banjir ekstrem yang menghancurkan akibat tingginya curah hujan turun sejak Mei lalu.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada pekan lalu, banjir bandang yang menerjang Sudan sejauh ini telah mempengaruhi 226 ribu warga, serta puluhan ribu rumah telah hancur.

Jurubicara dewan nasional pertahanan sipil Sudan, Abdel Jalil Abdelreheem pada Minggu (4/9) menyatakan, jumlah orang yang meninggal akibat banjir dan hujan lebat telah bertambah mencapai 112 orang.

"Sedikitnya 112 saat ini dilaporkan tewas, 115 terluka, 34.944 rumah hancur total sementara 49.060 rusak sebagian," kata Abdelreheem seperti dimuat TRT World pada Senin (5/9).

Bulan lalu, Sudan mengumumkan keadaan darurat akibat banjir di enam negara bagian. Pihak berwenang juga mengumumkan 79 orang meninggal akibat banjir sepanjang musim hujan ini.

Krisis banjir semakin parah ketika terjadi di tengah kerusuhan politik dan krisis ekonomi yang meningkat sejak kudeta militer tahun lalu, dipimpin oleh panglima militer Abdel Fattah al Burhan.

ARTIKEL LAINNYA