Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Sama-sama Cari Pinjaman, PM Sheikh Hasina: Bangladesh Tak Akan Jadi Sri Lanka

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 05 September 2022, 14:20 WIB
Sama-sama Cari Pinjaman, PM Sheikh Hasina: Bangladesh Tak Akan Jadi Sri Lanka
Perdana Menteri Bangladesh, Sheikh Hasina/Net
Bangladesh tidak akan menghadapi situasi krisis ekonomi seperti di Sri Lanka, meski saat ini Dhaka tengah terseok-seok mencari pinjaman karena menyusutnya cadangan dan melonjaknya biaya impor.

Begitu yang ditegaskan oleh Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina dalam wawancaranya dengan ANI News pada Senin (5/9), selama kunjungan empat harinya ke India.

Ia mengatakan, ekonomi Bangladesh tetap kuat meski terdampak pandemi Covid-19 dan perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina.

"Bangladesh selalu tepat waktu (dalam membayar) utang. Tingkat utang kami sangat rendah jika dibandingkan Sri Lanka," ujarnya.

Ekonomi Bangladesh senilai 416 miliar dolar AS telah menjadi salah satu yang tumbuh paling cepat di dunia selama bertahun-tahun. Tetapi cadangan devisa yang berkurang karena tagihan impor yang meningkat, mendorong pemerintah untuk mencari pinjaman dari badan-badan global, termasuk Dana Moneter Internasional (IMF).

"Beberapa orang telah mengangkat masalah ini bahwa Bangladesh akan menjadi Sri Lanka, tetapi saya dapat memastikan bahwa itu tidak akan terjadi," tegasnya.

Sri Lanka menghadapi krisis ekonomi terburuk sejak merdeka, dengan utang yang menumpuk sementara cadangan devisa habis. Akibatnya, demonstrasi besar-besaran terjadi, mendorong pengunduran diri mantan Presiden Gotabaya Rajapaksa.

Pada Kamis (1/9), Sri Lanka mencapai kesepakatan untuk pinjaman sekitar 2,9 miliar dolar AS dengan IMF.

ARTIKEL LAINNYA