Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Indonesia dan Filipina Sepakat Tinjau Pengamanan Perbatasan, Percepat Perundingan Batas Maritim

LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 05 September 2022, 17:03 WIB
Indonesia dan Filipina Sepakat Tinjau Pengamanan Perbatasan, Percepat Perundingan Batas Maritim
Presiden Joko Widodo dan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Senin, 5 September 2022/Net
Presiden Joko Widodo dan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr sepakat untuk meninjau kembali perjanjian pengamanan perbatasan dan akan segera mempercepat perundingan garis batas wilayah maritim kedua negara.

Berbicara dalam konferensi pers bersama Marcos di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Senin (5/9), Jokowi mengatakan kedua belah pihak sepakat untuk meninjau kembali dua perjanjian, yaitu Revised Border Crossing Agreement dan Border Patrol Agreement.

"Kita sepakat untuk meninjau kembali perjanjian pengamanan perbatasan agar terus relevan bagi masyarakat di perbatasan," ujar Jokowi.

Jokowi dan Marcos juga berkomitmen akan mempercepat proses perundingan garis batas wilayah di maritim berdasarkan hukum kelautan UNCLOS 1982.

Selama pertemuan, kedua negara juga sepakat untuk memperkuat keselamatan dan keamanan di wilayah perbatasan. Hal itu dibuktikan dengan ditandatanganinya Agreement on Cooperative Activities in the Field of Defense and Security.

Bersama dengan Malaysia, Indonesia dan Filipina juga telah memperbarui Trilateral Cooperative Arrangement yang penting untuk mengamankan jalur perairan dari ancaman penyanderaan serta penculikan.

Selain itu, Jokowi telah mengajak Filipina untuk terus mengembangkan potensi perdagangannya dan juga konektivitas di wilayah perbatasan serta memperkuat sentralitas di kawasan ASEAN.

ARTIKEL LAINNYA