Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prosesi Pemakaman Shinzo Abe, Diperkirakan Telan Biaya Hingga Rp 178 Miliar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 06 September 2022, 16:29 WIB
Prosesi Pemakaman Shinzo Abe, Diperkirakan Telan Biaya Hingga Rp 178 Miliar
Orang-orang memberi peringatan kepada Shinzo Abe/Net
rmol news logo Pemakaman Kenegaraan bagi mantan PM Jepang, Shinzo Abe diperkirakan memakan biaya 1,65 miliar yen atau setara dengan Rp 178 miliar pada 27 September mendatang.  

Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno mengumumkan kisaran biaya pemakaman terbaru menjadi lebih tinggi karena telah mencakup biaya keamanan dan penerimaan tamu undangan.  

"Biaya keamanan untuk pemakaman mencapai Rp 84 miliar. Sementara biaya menjamu delegasi asing akan menelan Rp 63 miliar," ungkapnya seperti dimuat Reuters pada Selasa (6/9).

Menurut Matsuno, ada sekitar 6.000 tamu undangan yang akan hadir, termasuk lebih dari 190 delegasi asing dan 50 tamu VIP yang merupakan kepala negara di dunia.  

Pada akhir Agustus lalu, pemerintah menyetujui anggaran  yang lebih sedikit, hanya Rp 26 miliar. Tetapi angka ini dinilai tidak realistis karena mengecualikan pengeluaran pada keamanan dan jamuan tamu.

Media lokal melaporkan Abe ditembak mati selama rapat umum pemilihan pada bulan Juli lalu. Tersangka pembunuh Abe memiliki dendam terhadap organisasi keagamaan yang tidak ia sukai dan yakin bahwa mantan PM terlibat di dalamnya.

Jajak pendapat di surat kabar Yomiuri yang dilakukan awal bulan ini menunjukkan hanya 38 persen warga yang menyetujui penyelenggaraan pemakaman Abe, sementara 56 persen responden menentang. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA