Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Chile Terpaksa Hentikan Operasi Puluhan Stasiun Kereta di Tengah Aksi Protes Mahasiswa di Ibu Kota

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 08 September 2022, 12:28 WIB
Chile Terpaksa Hentikan Operasi Puluhan Stasiun Kereta di Tengah Aksi Protes Mahasiswa di Ibu Kota
Aksi protes mahasiswa Chile di Stasiun Metro Santiago pada Rabu 7 September 2022/Net
Pengoperasian kereta bawah tanah milik perusahaan transportasi negara Metro Santiago, harus dihentikan sementara akibat banyaknya mahasiswa Chile yang melakukan aksi protes pemerintah di puluhan stasiun yang ada di ibu kota pada Rabu (7/9).

Dalam akun twitternya, Metro Santiago mengumumkan penangguhan kereta api di berbagai stasiun di jaringannya disebabkan oleh kehadiran anak muda yang melakukan protes di dalam dan di luar fasilitas transportasi.

Seperti dimuat Reuters, para demonstran mahasiswa melancarkan aksinya guna menuntut reformasi sistem pendidikan setelah pemerintah menolak sebuah konstitusi baru yang diusulkan berakar pada aksi protes mahasiswa tiga tahun

Meskipun protes berlangsung damai dan dilaporkan tanpa kekerasan, tetap saja otoritas Chile khawatir adanya risiko yang lebih besar, mengingat protes mahasiswa sebelumnya pada Oktober 2019 telah menyebabkan demonstrasi besar-besaran di jalan yang juga disertai kekerasan.

Protes itu terjadi kurang dari seminggu setelah warga Chile menolak usulan konstitusi baru dalam sebuah referendum pada Minggu (4/9). Hasil keputusan menyebabkan Presiden Gabriel Boric merombak kabinetnya untuk memperluas koalisi pemerintah.

Sementara itu, anggota kementerian dalam negeri Chile akan bertemu sore ini untuk membahas solusi dari protes yang diajukan mahasiswa.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA