Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lakukan Serangan Siber Besar-Besaran, Hubungan Diplomatik Albania-Iran Putus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 08 September 2022, 15:30 WIB
Lakukan Serangan Siber Besar-Besaran, Hubungan Diplomatik Albania-Iran Putus
Polisi Albania berjaga-jaga di depan Kedutaan Besar Republik Islam Iran di Tirana setelah Perdana Menteri mengumumkan pemutusan hubungan diplomatik dengan Iran/Reuters
rmol news logo Albania telah memutus hubungan diplomatiknya dengan Iran setelah Iran diduga meluncurkan serangan siber besar-besaran terhadap negara itu selama musim panas. Keputusan ini diumumkan oleh Perdana Menteri Edi Rama pada Rabu (7/9), yang dilansir dari Common Space.

"Dewan Menteri telah memutuskan pemutusan hubungan diplomatik dengan Republik Islam Iran dengan segera," ujar Edi.

Perdana Menteri menuduh Iran menargetkan jaringan komputer institusi Albania pada 15 Juli lalu dalam upaya untuk melumpuhkan layanan publik dan meretas data serta komunikasi elektronik dari sistem pemerintah. Akan tetapi serangan tersebut dikabarkan gagal mencapai tujuannya, serangan ini telah ditangani dengan cepat dan semua sistem kembali beroperasi penuh dan tidak ada penghapusan data yang tercatat.

Atas pemutusan hubungan ini, PM Albania memberikan waktu 24 jam bagi diplomat Iran dan staf pendukungnya untuk meninggalkan negara itu. Ferit Hoxha, perwakilan Albania untuk PBB kemudian memberikan sebuah surat kepada Dewan Keamanan PBB terkait pengumuman resmi bahwa Albania kini telah memutuskan hubungannya dengan Iran.

Dia menggambarkan langkah itu sebagai resiko yang harus ditanggung oleh Iran karena telah melakukan serangan siber yang terorganisir dan disponsori negaranya yang sangat mengancam kemanan Albania.

Serangan ini bertujuan untuk mengganggu layanan publik, menghapus sistem digital, mencuri serta menghapus catatan penting negara dan komunikasi elektronik lainnya, yang akan membahayakan kehidupan warga sipil serta seluruh institusi pemerintahan.
Hubungan antara kedua negara diketahui telah menegang selama bertahun-tahun. Sejak 2013 saat Albania dipilih oleh badan PBB dan Washington untuk menampung Mujahidin Rakyat Iran, anggota kelompok yang diasingkan. Sejak saat itu ribuan orang Iran telah menetap di Albania. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA