Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Meriahkan HUT ke-77, KBRI Beograd Gelar Pementasan Sendratari Legenda Putri Mandalika

Laporan: Nibras Andhika Abiyyu*

Kamis, 08 September 2022, 16:32 WIB
Meriahkan HUT ke-77, KBRI Beograd Gelar Pementasan Sendratari Legenda Putri Mandalika
Pementasan sendratari Legenda Putri Mandalika
Momentum perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia belum habis. Di Serbia, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beograd menggelar  pementasan sendratari Legenda Putri Mandalika di Teater Nasional Beograd, Serbia, Selasa (6/9) waktu setempat.

Pementasan tersebut mengusung tema "Indonesian Day: Mandalika Dance Drama" dan dipenuhi oleh berbagai kalangan warga Serbia. Hadir di antara para penonton, Andjelka Atanaskovic selaku Menteri Ekonomi Serbia, Penasihat Perdana Menteri Serbia Nikola Stojanovic, serta dutabesar negara-negara sahabat dan perwakilan korps diplomatik juga ikut hadir.

Pementasan sendratari Mandalika ditampilkan oleh kelompok tari binaan KBRI Beograd "Bidadari Dance Studio" yang telah dibentuk sejak 2004 silam.

Dutabesar RI untuk Republik Serbia merangkap Montenegro, Mochammad Chandra Widya Yudha mengatakan, seni dan kebudayaan berperan penting dalam mempererat hubungan masyarakat antarnegara.

"Ini bentuk kedekatan Indonesia dan Serbia di bidang kebudayaan. Kelompok tari ini juga memberi kesempatan pada para pemuda Serbia untuk mempelajari tarian-tarian dan kebudayaan Indonesia," demikian keterangan Mochammad Chandra dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8/9).

Acara ini diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beograd dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, para penonton mengaku sangat menikmati pertunjukan yang menceritakan legenda Putri Mandalika dengan menggabungkan beberapa tarian tradisional dari beberapa daerah di Indonesia.

Selain pementasan sendratari, rangkaian perayaan HUT ke-77 RI ini juga digelar dengan pameran pariwisata yang menampilkan destinasi-destinasi wisata Indonesia paling degemari masyarakat dunia.

Selain itu juga ada permainan alat musik tradisional "kolintang" oleh musisi Serbia juga ikut memeriahkan event ini.

*Mahasiswa Universitas Darussalam Gontor
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA