Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Erdogan: Turki Tangkap Pemimpin ISIS, Bashar Khattab Ghazal al-Sumaidi

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 09 September 2022, 16:46 WIB
Erdogan: Turki Tangkap Pemimpin ISIS, Bashar Khattab Ghazal al-Sumaidi
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan/Net
Turki mengaku telah menangkap pemimpin kelompok teroris ISIS. Ia adalah Bashar Khattab Ghazal al-Sumaidi alias Abu Zeyd.

Kabar itu diumumkan oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan di atas penerbangan pulang dari tur tiga hari ke Balkan, seperti dimuat Anadolu Agency, Jumat (9/9).

Erdogan mengatakan, Sumaidai ditangkap dalam operasi gabungan antara kepolisian, Direktorat Jenderal Keamanan, dan badan intelijen Turki.

"Teroris ini sudah lama berada di Suriah dan Istanbul," kata Erdogan.

Sebuah laporan dari Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang diterbitkan pada Juli mengidentifikasi Sumaidai sebagai salah satu eksekutif senior ISIS.

Pada Maret, sejumlah media meyakini Sumaidai akan ditunjuk sebagai pemimpin baru ISIS.

Erdogan juga mengungkap, selama interograsi, Sumaidai mengaku sebagai "qadi" dari Kementerian Pendidikan dan Kehakiman ISIS.

Pada Mei, para pejabat Turki mengklaim bahwa polisi telah menangkap Abu al-Hassan al-Hashimi al-Qurashi, pemimpin baru ISIS, di Istanbul tanpa melepaskan satu tembakan pun. Namun Amerika Serikat (AS) tidak pernah diumumkan secara resmi.

Turki telah menghadapi kritik atas catatannya dalam berurusan dengan kelompok-kelompok ekstremis Islam. Pemerintahan Erdogan telah mendukung kelompok-kelompok Islam termasuk Hamas dan Ikhwanul Muslimin sejak memenangkan kekuasaan pada tahun 2002.

ARTIKEL LAINNYA