Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kecintaan Australia pada Monarki Menyusut, Tetapi Tidak Cintanya kepada Ratu Elizabeth II

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 10 September 2022, 09:09 WIB
rmol news logo   Puluhan tahun lalu, orang-orang Australia sangat terpesona kepada Ratu Eliszabeth II. Media massa Australia pada saat itu berlomba menampilkan sosoknya yang cantik elegan, hangat, dan jenaka, terutama ketika ia menjejakkan kakinya ke Australia pada 1954.

Setidaknya 1 juta orang, lebih dari setengah populasi Sydney, muncul untuk menyaksikan Ratu yang baru naik tahta dan suaminya, Duke of Edinburgh, melakukan perjalanan melalui kota dan pinggiran kota pada awal tur kerajaan mereka ke Australia.

Ratusan orang terluka akibat berdesak-desakan dan paramedis harus merawat 180 orang setelah massa yang berjumlah 70.000 orang menerobos garis polisi untuk melihat sekilas Ratu mereka yang datang dalam jamuan kenegaraan di sebuah restoran di dalam department store David Jones di Elizabeth Street Sydney.

Sebanyak 60 orang termasuk anak-anak, pingsan saat berdesakan di antara 30.000 warga yang melihat Ratu yang menghadiri Teater Tivoli untuk sebuah konser.

Pesona ratu sangat luar biasa. Orang Australia akan selalu muncul dalam jumlah besar ketika Ratu berkunjung, tulis sebuah artikel di ABC News, Sabtu (10/9).

Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull yang menjabat  sepanjang 2015-2018, mengatakan pada peringatan 25 tahun Gerakan Republik Australia, bahwa "Kami adalah negara Elizabethans."

"Sebagian besar orang Australia tidak mengenal kepala negara selain Ratu," kata Turnbull di Aula Besar Universitas Sydney pada 2016.

"Dia sangat dikagumi dan dihormati sehingga hanya sedikit dari kita yang bisa mengatakan bahwa kita bukan orang Elizabeth, entah apakah dia orang yang pro monarkis atau republik," katanya.

Ketergantungan Australia pada monarki Inggris mungkin telah berkurang dari waktu ke waktu, tetapi kekaguman terhadap Ratu Elizabeth II tidak tergoyahkan.

Pada 1999, sebanyak 45,13 suara mengatakan 'ya' untuk mendukungan sebuah republik. Suara ini jauh lebih tinggi dari 'ya' pada referendum kemerdekaan Skotlandia 2014.

Hubungan Australia dengan Ratu Elizabeth II telah terjalin erat sejak ia menjadi raja pertama yang memerintah yang menginjakkan kaki di tanah Australia.

Meninggalnya Ratu membawa duka cita mendalam bagi Australia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA