Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polisi Manchester Tangkap Pria yang Diduga Terlibat Bom Manchester 1996

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 10 September 2022, 10:49 WIB
rmol news logo Pihak berwenang Inggris menangkap seorang pria yang terhubung dengan peristiwa pengeboman yang menghancurkan pusat Kota Manchester pada 1996 silam.

Polisi Greater Manchester mengatakan pria tersebut ditahan di Bandara Birmingham pada Kamis malam (8/9) karena dicurigai melakukan pelanggaran terorisme.

“Kami selalu berkomitmen untuk meminta pertanggungjawaban mereka atas serangan itu dan membawa mereka ke pengadilan. Kami juga telah menyelidiki kembali selama beberapa tahun; dengan tim detektif yang berdedikasi memeriksa kembali file kasus asli dan mengejar jalur penyelidikan baru," kata kepala investigasi Inspektur Detektif Andrew Meeks, seperti dikutip dari AFP, Jumat (9/9).

“Setelah penangkapan, kami telah menghubungi orang-orang yang menjadi korban serangan mengerikan ini untuk memastikan kepada mereka bahwa kasus ini terus diselidiki dan dikawal," tambahnya. Ia menyadari bagi banyak orang pengungkapan kasus ini akan membawa kembali kenangan hari yang mengerikan itu dan pihaknya terus melakukan semua yang bisa dilakukan, termasuk kepada mereka yang terkena dampaknya.

Bom seberat 1.500 kg yang ditanam oleh kelompok teroris Tentara Republik Irlandia, meledak di Corporation Street di pusat kota Manchester pada Sabtu 15 Juni 1996. Lebih daei 200 orang terluka dalam insiden tersebut.

“Meskipun tidak ada yang terbunuh selama pengeboman Manchester tahun 1996 oleh IRA, ratusan orang terluka dan banyak lagi di Greater Manchester dan North West yang terdampak atas kejadian itu,"  kata Meeks.

“Kami mendorong siapa pun yang memiliki informasi apa pun yang dapat membantu penyelidikan kami untuk menghubungi melalui Portal Insiden Besar," lanjutnya.

Pria tersebut akan diintegrasi oleh petugas dari Counter Terrorism Policing for the North West. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA