Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Beda Pendapat Soal Sahara Barat dengan Presiden, Menlu Peru yang Baru Pilih Mundur

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 11 September 2022, 06:17 WIB
Beda Pendapat Soal Sahara Barat dengan Presiden, Menlu Peru yang Baru Pilih Mundur
Presiden Peru Pedro Castillo dan Miguel Rodriguez/Net
Kisruh politik terjadi di Peru. Menteri Luar Negeri Miguel Rodriguez mengundurkan diri setelah bentrokan dengan Presiden Pedro Castillo terkait hubungan diplomatik Peru dengan Sahara Barat.

Surat pengunduran diri Rodriguez, yang baru menjabat sebulan, diunggah di akun Twitter Kementerian Luar Negeri pada Jumat (9/9), seperti dikutip dari Reuters.

"Saya menulis kepada Anda untuk mengajukan pengunduran diri saya yang tidak dapat ditarik kembali ke posisi Menteri Negara di Kantor Hubungan Luar Negeri," tulis Rodriguez.

"Tujuannya adalah untuk merevitalisasi kebijakan luar negeri Peru, memperbaiki kesalahan dan mencoba memperkuat arah kehidupan internasional negara kami," tambahnya, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Awal pekan ini, terjadi perpecahan antara Rodriguez dan Castillo. Di Twitter pada Kamis (8/9), Castillo mencuit bahwa Peru menegaskan kembali pertahanan penentuan nasib sendiri negara Sahara.

Itu merusak pengumuman Rodriguez pada Agustus bahwa Peru memutuskan hubungan diplomatik dengan Republik Demokratik Arab Sahrawi yang diakui sebagian di Sahara Barat.

Selain mengenai Sahara, kedua politisi juga tidak setuju pada Perjanjian Escazu, perjanjian lingkungan regional, dan partisipasi Peru dalam Konvensi PBB tentang Hukum Laut.

Kepergian Rodriguez bersamaan dengan kepergian wakil menteri transportasi Peru Luis Rivera, yang juga mengundurkan diri pada Jumat setelah dijatuhi hukuman enam tahun penjara karena korupsi.

ARTIKEL LAINNYA