Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Australia dan Selandia Baru Proklamasikan Raja Charles III Sebagai Kepala Negara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 11 September 2022, 14:46 WIB
Australia dan Selandia Baru Proklamasikan Raja Charles III Sebagai Kepala Negara
Raja Charles III/Net
rmol news logo Australia dan Selandia Baru secara resmi memproklamasikan Raja Charles III sebagai kepala negara mereka dalam sebuah upacara yang digelar di masing-masing ibukota pada Minggu (11/9).

Di Selandia Baru, proklamasi Charles sebagai raja, menggantikan Ratu Elizabeth II yang meninggal pada Kamis (8/9) dalam usia 96 tahun, berlangsung di parlemen di Wellington.

Berbicara di parlemen, Perdana Menteri Jacinda Ardern menyebut Raja Charles III sebagai penguasa negara tersebut. Ia mengatakan kepada orang banyak bahwa setelah kematian ratu, Selandia Baru telah memasuki masa perubahan.

"Raja Charles secara konsisten menunjukkan kepeduliannya yang mendalam terhadap bangsa kita. Hubungan ini sangat dihargai oleh orang-orang kami. Saya yakin itu akan semakin dalam," ujarnya, seperti dikutip Reuters.

Di Australia, Gubernur Jenderal David Hurley, perwakilan raja Inggris di Australia, memproklamirkan Raja Charles sebagai kepala negara di Gedung Parlemen di Canberra. Proklamasi itu ditandai dengan salut  21 senjata.

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese juga telah mendeklarasikan hari berkabung nasional pada 22 September, dan menetapkannya sebagai libur.

Albanese mengatakan dia akan melakukan perjalanan ke London untuk menghadiri pemakaman ratu pada 19 September nanti, dan kembali ke Australia pada 21 September.

"Kemudian Hari Berkabung Nasional dan upacara peringatan ditetapkan lusa. Itu untuk memungkinkan orang memberikan penghormatan atas meninggalnya Ratu Elizabeth," kata Albanese.

Albanese mengatakan Australia telah menawarkan untuk menerbangkan 10 rekannya dari Pulau Pasifik dan pejabat Selandia Baru ke Inggris untuk pemakaman ratu.

Sebagai tanda penghormatan, bendera nasional di Australia dikibarkan setengah tiang, parlemen telah ditangguhkan, dan potret raksasa ratu dipajang di layar Gedung Opera Sydney.

Raja Inggris adalah kepala negara di Australia serta Selandia Baru, di antara 14 kerajaan di luar Inggris, meskipun perannya sebagian besar seremonial. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA