Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Tiga Bulan Lebih Ditahan, Iran Setuju Bebaskan Awak Kapal Tanker Yunani

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 12 September 2022, 08:25 WIB
Tiga Bulan Lebih Ditahan, Iran Setuju Bebaskan Awak Kapal Tanker Yunani
Kapal tanker minyak Pegas berbendera Rusia yang disita terlihat berlabuh di lepas pantai Karystos, di Pulau Evia, Yunani, 19 April 2022/Net
Pihak berwenang Iran akhirnya setuju untuk membebaskan awak dua kapal tanker minyak milik Yunani yang disita oleh Iran pada bulan Mei.

Lembaga penyiaran milik negara ERT melaporkan pada Minggu (11/9) bahwa pembebasan 49 awak kapal Delta Poseidon danPrudent Warrior akan dimulai pada Senin (12/9) waktu setempat.

"Dalam sebuah pernyataan pada Minggu, Panhellenic Union of Merchant Navy Sailors mengatakan bahwa selama kunjungan delegasi Yunani baru-baru ini ke Iran, pihak Iran mengambil langkah mundur yang signifikan dan menyetujui penggantian dua awak," kata ERT.

Dikatakan bahwa pembebasan akan dimulai dengan anggota awak kapal Prudent Warrior sementara anggota Delta Poseidon akan menyusul.

Teheran mengizinkan pembebasan para awak setelah 100.000 ton minyak yang semula disita oleh otoritas Yunani atas permintaan AS dikembalikan ke tank-tank kapal milik Iran, Lana, akhir Agustus.

Pengawal Revolusi Iran menyita kapal tanker di Teluk beberapa hari setelah Athena mengkonfirmasi akan mengirimkan minyak Iran yang telah disita dari kapal tanker Rusia Pegas ke Washington.

Yunani dengan cepat menuduh Iran melakukan pembajakan. Kementerian luar negerinya mengatakan helikopter Iran telah mendaratkan pasukan komando di dua kapal tanker.

49 awak Delta Poseidon dan Prudent Warrior, termasuk sepuluh pelaut Yunani dan satu Siprus, disandera di laut di Teluk selama hampir 100 hari.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA