Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Tandingi China, Papua Nugini dan Australia Jajaki Pakta Keamanan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 12 September 2022, 09:34 WIB
Tandingi China, Papua Nugini dan Australia Jajaki Pakta Keamanan
Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong/Net
Papua Nugini telah menyatakan minatnya untuk menjalin pakta keamanan dengan Australia, sebagai tandingan perjanjian serupa yang ditandatangani oleh China dengan Kepulauan Solomon pada April lalu.

Setelah China menandatangani pakta keamanan dengan Kepulauan Solomon, banyak pihak khawatir dengan pengaruh Beijing di kawasan Pasifik. Pakta tersebut juga disinyalir membuat China dapat mengerahkan kapal perang militer dan pasukannya di Kepulauan Solomon.

Menurut Asia Times, rencana kesepakatan keamanan antara Papua Nugini dan Australia dilakukan setelah diplomasi yang dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Penny Wong.

Selama tiga bulan terakhir menjabat, Wong melakukan empat perjalanan terpisah ke Pasifik, yaitu ke Fiji, Samoa, Tonga, Selandia Baru dan Kepulauan Solomon.

Upaya-upaya ini tampaknya membuahkan hasil. Terlepas dari berita Papua Nugini yang menunjukkan minat pada pakta keamanan dengan Australia, Timor Leste juga baru saja menandatangani perjanjian kerjasama pertahanan.

Menteri Luar Negeri Papua Nugini Justin Tkatchenko mencatat, perjanjian baru yang diusulkan akan mengisi celah situasi keamanan di kawasan, dan melengkapi perjanjian keamanan regional yang sudah ada.

Selain dengan Australia, pakta keamanan tersebut juga akan diperluas dengan mencakup Selandia Baru dan Amerika Serikat.

ARTIKEL LAINNYA