Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Dibantu Otoritas Peru, Jerman Berhasil Sita 2,3 Ton Kokain

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 13 September 2022, 07:32 WIB
Dibantu Otoritas Peru, Jerman Berhasil Sita 2,3 Ton Kokain
Sebanyak 2,3 ton Kokain berhasil disita Jerman dengan bantuan Peru/Net
RMOL.  Jerman Berhasil menyita 2,3 ton kokain dari sindikat perdagangan narkoba yang tertangkap di Peru.

Kantor Polisi Kriminal Federal Jerman (BKA), pada Senin (12/9) menyatakan kesuksesan penangkapan tersebut merupakan hasil kerja sama dengan pihak berwenang di Peru yang membantu menyergap tersangka di sebuah kapal yang sebelumnya telah diintai Jerman.

"Awalnya, penyelundupan kokain hanya kami amati dan kontrol dari jauh.  Kemudian,  otoritas Peru yang tahu di kapal mana obat itu diangkut," jelas polisi seperti dimuat Xinhua pada Selasa (13/9).

Polisi mengatakan, selain tersangka utama berusia 58 tahun yang tinggal di Cologne, empat tersangka lainnya yang bertindak sebagai kaki tangan perdagangan narkoba, ditangkap di Peru.

Menurut Wakil Presiden BKA Martina Link, dalam beberapa tahun terakhir, pasokan kokain dari Afrika Selatan telah meningkat secara signifikan di Jerman serta di negara-negara lain di Eropa, bahkan di seluruh dunia.  

"Jumlah kokain terbesar yang pernah disita di Eropa ditemukan oleh penyelidik bea cukai pelabuhan Hamburg di Jerman utara pada Februari tahun lalu. Saat itu, 16 ton kokain terdeteksi dalam kontainer dari Paraguay," jelasnya.

Lebih lanjut, Martina mengatakan jika rute laut memainkan peran penting dalam penyelundupan narkoba ke Eropa. Sehingga memerangi perdagangan narkotika yang terorganisir secara internasional tetap menjadi prioritas utama setiap negara.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA