Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Los Angeles Laporkan Kematian Pertama Pasien Cacar Monyet

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 13 September 2022, 14:17 WIB
Los Angeles Laporkan Kematian Pertama Pasien Cacar Monyet
Ilustrasi/Net
Otoritas kesehatan Kota Los Angeles melaporkan kematian seorang warganya setelah terpapar cacar monyet pada Senin (12/9) waktu setempat.

Kematian pasien yang disebut terganggu sistem kekebalan tubuhnya itu diyakini sebagai kematian pertama akibat penyakit cacar monyet di Amerika Serikat.

Departemen Kesehatan Masyarakat Kabupaten Los Angeles mengumumkan penyebab kematian, dan seorang juru bicara mengatakan hal itu dikonfirmasi oleh otopsi.

"Pasien mengalami gangguan kekebalan yang parah dan telah dirawat di rumah sakit," kata pernyataan itu, seperti dikutip dari AP, Selasa (13/9).

Tidak ada informasi lain tentang orang itu yang dirilis.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit melacak kasus dan belum mengkonfirmasi kematian AS akibat penyakit tersebut. Pejabat LA County mengatakan mereka bekerja dengan CDC dalam kasus mereka.

Seorang juru bicara CDC mengkonfirmasi kerja sama itu tetapi tidak segera menanggapi ketika ditanya apakah ini adalah kematian pertama di AS.

Sebelumnya pejabat kesehatan masyarakat Texas pada 30 Agustus melaporkan kematian seseorang yang telah didiagnosis menderita cacar monyet. Orang tersebut mengalami gangguan kekebalan yang parah dan kasus mereka sedang diselidiki untuk menentukan peran apa yang mungkin dimainkan monkeypox dalam kematian mereka.

Cacar monyet menyebar melalui kontak kulit-ke-kulit yang dekat dan kontak yang terlalu lama dengan tetesan pernapasan. Ini dapat menyebabkan ruam, demam, nyeri tubuh, dan kedinginan. Relatif sedikit orang yang memerlukan rawat inap dan hanya segelintir kematian di seluruh dunia yang secara langsung terkait dengan penyakit ini.

CDC telah merekomendasikan vaksin cacar monyet untuk kepada mereka yang melakukan kontak dekat dengan seseorang yang memiliki penyakit, orang yang mengetahui pasangan seksualnya didiagnosis dalam dua minggu terakhir, dan pria gay atau biseksual yang memiliki banyak pasangan seksual dalam dua minggu terakhir di daerah dengan penyebaran virus yang diketahui. Suntikan juga direkomendasikan untuk petugas kesehatan yang berisiko tinggi terpapar.

Hingga saat ini Amerika Serikat memiliki kasus terbanyak secara global, dengan 21.985 dikonfirmasi, menurut CDC. California telah mencatat kasus terbanyak secara nasional, dengan lebih dari 4.300.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA