Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Iran Bangun Pangkalan Senjata Canggih di Suriah Timur

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 13 September 2022, 18:05 WIB
Iran Bangun Pangkalan Senjata Canggih di Suriah Timur
Militer Iran di Suriah/Net
Iran dilaporkan tengah membangun pangkalan senjata besar di Provinsi Deir az-Zour, Suriah bagian timur. Pangkalan tersebut menyimpan berbagai senjata, termasuk sistem rudal permukaan-ke-permukaan, di bawah tanah.

Dimuat Al Arabiya, pangkalan tersebut dibangun di sekitar lokasi pertanian, dekat dengan Mayadeen di Provinsi Deir az-Zour.

Menurut oposisi Suriah, Ain al-Furat, pangakalan itu diyakini akan menjadi markas terbesar kedua untuk pasukan Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC) di Suriah timur.

Aktivis lokal Ibrahim al-Hassan mengatakan, petugas konstruksi sudah bekerja di pangkalan itu sejak dua pekan lalu dengan tingkat keamanan tinggi. Sementara warga sipil dilarang mendekati lokasi kejadian oleh pasukan Iran.

Al-Hassan menyebut, pangkalan itu akan dilengkapi dengan senjata berat, seperti rudal permukaan-ke-permukaan, di bawah pengawasan komandan IRGC di Mayadeen. Sehingga pangkalan itu menjadi benteng militer bagi IRGC di Suriah.

Iran memiliki kehadiran yang kuat di Suriah dan menopang rezim Bashar al-Assad. Iran bersikeras mengerahkan pasukannya ke Suriah atas undangan rezim dan hanya sebagai penasihat.

Dalam beberapa waktu terakhir, Israel semakin gencar menyerang Suriah, dengan dalih menargetkan situs-situs militer Iran di Suriah. Israel juga mulai menargetkan infrastruktur sipil, seperti bandara Aleppo dan Damaskus, setelah Iran diduga menggunakan situs tersebut untuk menerbangkan senjata.

ARTIKEL LAINNYA