Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Iran Bangun Pangkalan Senjata Canggih di Suriah Timur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 13 September 2022, 18:05 WIB
Iran Bangun Pangkalan Senjata Canggih di Suriah Timur
Militer Iran di Suriah/Net
rmol news logo Iran dilaporkan tengah membangun pangkalan senjata besar di Provinsi Deir az-Zour, Suriah bagian timur. Pangkalan tersebut menyimpan berbagai senjata, termasuk sistem rudal permukaan-ke-permukaan, di bawah tanah.

Dimuat Al Arabiya, pangkalan tersebut dibangun di sekitar lokasi pertanian, dekat dengan Mayadeen di Provinsi Deir az-Zour.

Menurut oposisi Suriah, Ain al-Furat, pangakalan itu diyakini akan menjadi markas terbesar kedua untuk pasukan Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC) di Suriah timur.

Aktivis lokal Ibrahim al-Hassan mengatakan, petugas konstruksi sudah bekerja di pangkalan itu sejak dua pekan lalu dengan tingkat keamanan tinggi. Sementara warga sipil dilarang mendekati lokasi kejadian oleh pasukan Iran.

Al-Hassan menyebut, pangkalan itu akan dilengkapi dengan senjata berat, seperti rudal permukaan-ke-permukaan, di bawah pengawasan komandan IRGC di Mayadeen. Sehingga pangkalan itu menjadi benteng militer bagi IRGC di Suriah.

Iran memiliki kehadiran yang kuat di Suriah dan menopang rezim Bashar al-Assad. Iran bersikeras mengerahkan pasukannya ke Suriah atas undangan rezim dan hanya sebagai penasihat.

Dalam beberapa waktu terakhir, Israel semakin gencar menyerang Suriah, dengan dalih menargetkan situs-situs militer Iran di Suriah. Israel juga mulai menargetkan infrastruktur sipil, seperti bandara Aleppo dan Damaskus, setelah Iran diduga menggunakan situs tersebut untuk menerbangkan senjata. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA