Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Bentrok dengan Azerbaijan di Perbatasan, Armenia Akui Kehilangan Puluhan Tentara

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 14 September 2022, 06:27 WIB
Bentrok dengan Azerbaijan di Perbatasan, Armenia Akui Kehilangan Puluhan Tentara
Ilustrasi/Net
RMOL.  Saling serang antara pasukan Azerbaijan dan Armenia yang terjadi sejak Selasa dini hari (13/9) menimbulkan korban jiwa yang tidak sedikit.

Kedua pihak menyatakan telah kehilangan puluhan tentara, meskipun belum dikonfirmasi secara jelas mengenai jumlahnya.

Laporan terakhir menyebutkan bahwa sekitar 49 tentara Armenia tewas. Namun, Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan mengatakan selama pertemuan dengan anggota parlemen, bahwa jumlah tentara yang tewas atau terluka mungkin akan bertambah.

Pashinyan menyebutkan bahwa Azerbaijan telah menyerang perbatasan Armenia di tujuh arah.

"Pada tengah malam, Azerbaijan menyerang ke empat arah, lalu ditambah dua-tiga arah lagi," katanya, seperti dikutip dari AFP, Rabu (14/9).

Ia mengatakan bahwa Pertemuan Dewan Tetap Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) saat ini sedang berlangsung untuk membahas ketegangan itu.

"Seperti yang Anda ketahui, kami beralih ke CSTO dan saat ini pertemuan Dewan Tetap CSTO sedang berlangsung. Kami juga berbicara dengan Rusia dan Dewan Keamanan PBB," katanya.

Kementerian Pertahanan Armenia menyatakan unit-unit angkatan bersenjata Azerbaijan melepaskan tembakan ke kota-kota seperti  Goris, Sotk, dan Jermuk, menggunakan artileri, kaliber besar, dan senjata ringan.

Di hari yang sama, Azerbaijan mengatakan bahwa pihak Armenia yang memulai pertempuran dan mereka membalasnya. Azerbaijan juga ngumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan tujuan militernya di perbatasan dengan Armenia.

“Provokasi yang dilakukan oleh pasukan Armenia di perbatasan telah dicegah dan semua tujuan yang diperlukan telah terpenuhi,” kata kantor Presiden Ilham Aliyev dalam sebuah pernyataan setelah pertemuannya dengan pimpinan militer.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA