Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Bangunan Empat Lantai di Yordania Runtuh, Lima Tewas Lainnya Masih Terjebak

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 14 September 2022, 09:17 WIB
Sedikitnya lima orang dilaporkan tewas dan belasan lainnya terluka saat sebuah bangunan tempat tinggal empat lantai di ibu kota Yordania runtuh pada Selasa (13/9) waktu setempat.

Pihak berwenang mengkonformasi jumlah korban, menambahkan bahwa masih ada korban lain yang masih terjebak di dalam gedung.

"Jumlah korban dari ambruknya distrik Jabal al-Weibdeh di kota itu telah meningkat menjadi lima orang tewas dan 14 luka-luka", kata juru bicara keamanan Amer al-Sartawy dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari AFP, Rabu (14/9).

Dia sebelumnya mengatakan kepada televisi pemerintah bahwa pasukan pertahanan sipil didukung oleh tim dari komando keamanan regional dan gendarmerie sedang melakukan upaya penyelamatan.

Sebuah sumber di dinas pertahanan sipil mengatakan masih ada sejumlah orang yang terperangkap di gedung yang runtuh, tanpa memberikan angka pasti.

Seorang koresponden AFP mengatakan Perdana Menteri Bisher al-Khasawneh memeriksa bangunan yang rusak bersama dengan menteri dalam negeri, kesehatan dan informasi.

Juru bicara pemerintah Faisal al-Shaboul mengatakan kepada wartawan di lokasi bahwa Khasawneh telah memerintahkan walikota Amman dan pejabat lainnya untuk menyelidiki penyebab keruntuhan.

Wakil Perdana Menteri Yordania Tawfiq Kreishan mengatakan kepada televisi pemerintah bahwa di antara alasan runtuhnya bangunan itu adalah karena sudah tua dan bobrok.

"Bangunan di sekitarnya sedang dievaluasi," tambahnya.

Sebuah sumber peradilan yang berbicara dengan syarat anonim mengatakan kepada AFP bahwa jaksa telah meluncurkan penyelidikan atas insiden tersebut.

Jabal al-Weibdeh adalah salah satu distrik tertua di Amman, berasal dari awal abad ke-20 dan dihuni oleh sejumlah besar ekspatriat.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA