Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kanada Tetapkan Pemakaman Ratu Elizabeth 19 September Sebagai Hari Libur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 14 September 2022, 12:54 WIB
Kanada Tetapkan Pemakaman Ratu Elizabeth 19 September Sebagai Hari Libur
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau/Net
rmol news logo Pemerintah Kanada telah menetapkan hari pemakaman Ratu Elizabeth II sebagai hari libur untuk menghormati pemimpin yang tutup usia pada 96 tahun itu.

Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan ratu merupakan pemimpin yang baik dan penuh kasih terhadap rakyatnya, sehingga negaranya sangat bersedih,

Untuk menghormati dedikasi Ratu Elizabeth II selama lebih dari tujuh dekade terakhir, Trudeau memutuskan bahwa Senin depan (19/9) merupakan hari libur untuk berkabung. Itu bertepatan dengan upacara pemakaman kenegaraan yang akan dilakukan oleh Kerajaan Inggris.

"Pada 19 September, warga Kanada dari seluruh negeri akan memberikan penghormatan kepada penguasa terlama Kanada, Yang Mulia Ratu Elizabeth II," ujarnya, seperti dimuat Reuters pada Rabu (14/9).

Hari libur yang ditetapkan Trudeau hanya dikhususkan untuk pegawai pemerintah federal saja. Artinya tidak termasuk pengusaha atau pegawai provisi atau teritorial lain di Kanada.

Menteri negara bagian New Brunswick, Newfoundland dan Labrador juga menyatakan bahwa Senin depan hanyalah hari libur untuk satu kali.

Berdasarkan keterangan Menteri Tenaga Kerja Kanada, Seamus O'Regan, pengusaha sektor swasta dipersilakan untuk memberi pekerja hari libur, tetapi mereka tidak diwajibkan melakukannya.

Sementara itu, Menteri negara bagian Ontario, Doug Ford akan merayakan hari berkabung, tetapi sekolah akan tetap dibuka agar siswa dapat belajar banyak tentang kontribusi Ratu Elizabeth kepada rakyat Ontario, Kanada, dan seluruh Persemakmuran.

Sejak 1982, Kanada telah menjadi salah satu anggota Persemakmuran yang menjadikan ratu Inggris sebagai kepala negaranya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA