Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Di Jeju Forum, Megawati: Persoalan Dua Korea Tak Boleh Diintervensi Asing

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 15 September 2022, 15:54 WIB
Di Jeju Forum, Megawati: Persoalan Dua Korea Tak Boleh Diintervensi Asing
Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri berbicara di Jeju Forum For Peace and Prosperity 2022 di Jeju, Korea Selatan pada Kamis, 15 September 2022/Ist
Persoalan yang dimiliki oleh Korea Selatan dan Korea Utara harus diselesaikan oleh bangsa Korea itu sendiri sebagai satu keluarga, satu saudara, tanpa ada intervensi dari pihak asing.

Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri mengatakan persaudaraan sejati antara dua Korea harus terus digelorakan. Sehingga semua pihak harus bergandengan tangan untuk mencapai perdamaian abadi, yang bisa dimulai dari Jeju sebagai bumi perdamaian.

"Dari Jeju inilah juga diharapkan, bergelora semangat membangun persaudaraan sejati antara Korea Selatan dan Korea Utara sebagai satu bangsa, satu keluarga yang utuh," ujarnya ketika berbicara di Jeju Forum For Peace and Prosperity 2022 di Jeju, Korea Selatan pada Kamis (15/9).

Sejak terpecah lebih dari 72 tahun yang lalu, Korea telah memiliki empat generasi. Seperti halnya sebuah keluarga, Mega menegaskan, maka persoalan dalam keluarga harus diselesaikan secara kekeluargaan, tanpa campur tangan pihak mana pun.

"Dan hal inilah yang saya yakini akan dilakukan oleh bangsa Korea sendiri,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Megawati mendorong agar penyelesaian dilakukan dengan jalan musyawarat, perundingan, dan menghindari ketegangan dan perang.

ARTIKEL LAINNYA