Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Akui Kalah Pemilihan dari Oposisi, PM Swedia Mundur dari Jabatannya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 15 September 2022, 16:30 WIB
Akui Kalah Pemilihan dari Oposisi, PM Swedia Mundur dari Jabatannya
Perdana Menteri Swedia Magdalena Andresson/Net
rmol news logo Kemenangan partai sayap kanan Swedia untuk pertama kalinya, telah mendorong pengunduran diri Perdana Menteri sayap kanan tengah, Magdalena Andersson pada Kamis (15/9).

Seperti dimuat AFP, Andersson mengumumkan pelepasan jabatan setelah penghitungan suara cepat menyatakan oposisi sayap kanan, Partai Demokrat Swedia memenangkan 176 dari 349 kursi di pemilihan parlemen.

"Jadi besok saya akan menyerahkan pengunduran diri saya sebagai perdana menteri, dan tanggung jawab untuk proses lanjutan akan berada di tangan parlemen," kata Andersson dalam konferensi persnya pada Rabu (14/9).

Meskipun pernghitungan suara masih terus berlangsung hingga Minggu (18/9) mendatang, namun Andersson yang merupakan pemimpin Partai Sosial Demokrat mengatakan bahwa partai oposisi akan tetap menang.

Dengan 20,6 persen suara yang telah dihitung sejauh ini, Partai Demokrat tersebut muncul sebagai partai terbesar kedua di Swedia setelah Partai Sosial Demokrat, yang telah berkuasa di politik Swedia sejak 1930-an.

Sementara itu, jabatan perdana menteri kemungkinan besar akan diberikan kepada pemimpin Partai Moderat, Ulf Kristersson, yang berkoalisi dengan Partai Demokrat.

Pemimpin Partai Demokrat, Jimmie Akesson memilih tidak maju untuk jabatan PM karena dinilai tak dapat menyatukan keempat partai untuk memimpin pemerintahan.

Pemilihan tersebut menandai titik balik dalam politik Swedia. Partai Demokrat yang dikenal anti-imigran muncul pertama kali di parlemen pada 2010 dan dijauhi oleh semua partai besar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA