Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Serang Fasilitas Militer, Kelompok Jihadis Bunuh Delapan Tentara Burkina Faso

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 15 September 2022, 18:23 WIB
Serang Fasilitas Militer, Kelompok Jihadis Bunuh Delapan Tentara Burkina Faso
Ilustrasi/Net
Fasilitas militer Burkina di wilayah Sahel menjadi target serangan kelompok pemberontak jihadis pada Selasa (13/9). Akibatnya delapan tentara dinyatakan gugur.

Menurut otoritas militer Burkina Faso, unit militer di Oudalan, Sahel diserang dan dikepung oleh jihadis.

"Saat menghadapi tembakan musuh yang berat, delapan tentara sayangnya kehilangan nyawa mereka selama pertempuran dan belasan lainnya luka-luka,” kata militer, seperti dimuat The Defense Post pada Kamis (15/9).

Media setempat melaporkan, tentara yang terluka ringan dan serius telah dievakuasi. Bala bantuan dari pemerintah juga telah dikerahkan dengan segera ke daerah itu.

Serangan oleh pemberontak menjadi yang keempat kalinya  dalam waktu kurang dari 10 hari di Burkina Faso bagian utara.

Selama tujuh tahun terakhir, negara Afrika berada dalam cengkeraman pemberontakan jihadist yang diduga berafiliasi dengan ISIS dan Al Qaeda.

Awal bulan ini, sedikitnya 35 warga sipil tewas dan 37 terluka oleh ledakan bom rakitan (IED) yang menghantam konvoi pembawa pasokan dari Djibo ke Bourzanga.

Hari berikutnya, sedikitnya sembilan orang tewas, terdiri dari tujuh warga sipil, dan dua tentara dalam dua serangan terpisah oleh pemberontak jihadis.

Junta penguasa Burkina Faso, yang merebut kekuasaan pada Januari lalu, telah menyatakan perang melawan pemberontakan jihadis sebagai prioritas utama.

ARTIKEL LAINNYA