Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Putin Gembira Iran Bergabung Jadi Anggota SCO

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 16 September 2022, 06:15 WIB
Putin Gembira Iran Bergabung Jadi Anggota SCO
Presiden Iran Ebrahim Raisi berbincang dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Samarkand, Uzbekistan, Kamis 15 September 2022/Net
Iran telah  bergabung menjadi anggota Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO). Rusia menyambut baik kabar ini dan mengatakannya sebagai kabar gembira.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada timpalannya, Presiden Ebrahim Raisi di sela-sela KTT SCO di Samarkand, Uzbekistan, Kamis (15/9) bahwa adalah tepat bila Iran segera menjadi bagian dari SCO.

"Seperti yang kami setujui dengan Anda, kami telah melakukan segalanya agar Iran menjadi anggota penuh.  Mitra kami di organisasi ini telah mendukung aplikasi Anda, yang tersisa hanyalah satu formalitas terakhir. Ini memang formalitas, dan Iran bergabung dengan organisasi internasional yang sudah serius, besar dan berwibawa ini," kata Putin, seperti dikutip dari AFP.

Rusia dan Iran memiliki banyak kesamaan dalam hal tantangan internasional; sama-sama terhadang sanksi dari AS dan sama-sama bisa menghadapi sanksi tersebut. Dalam hal lainnya Moskow juga memiliki kesamaan dengan Teheran sehingga memudahkan dalam menjalin kerja sama.

“Hubungan antar kawasan sedang berkembang. Kami secara aktif bekerja sama di arena internasional. Di banyak posisi hubungan kami sangat dekat," kata Putin.

Putin mengenang sambutan hangat Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei selama kunjungannya baru-baru ini ke Teheran. Berkat dukungan Khamenei, banyak proyek bergerak maju, menurut Putin.

"Kami tertarik dengan dukungan Khamenei lebih lanjut. Saya meminta Anda untuk menyampaikan harapan terbaik saya kepadanya,” kata Putin.

Pada gilirannya, Raisi menyampaikan terima kasih kepada Rusia karena mendukung keanggotaan penuh Iran di SCO.  Dia menuturkan, tekad Iran adalah mengembangkan hubungan strategis dengan Rusia, di semua bidang politik, ekonomi, perdagangan dan antariksa.

"Republik Islam Iran tidak menolak seruan sanksi yang dilontarkan Barat untuk Rusia dengan alasan apa pun, dan tidak mengakuinya," kata  Raisi dalam pertemuan tersebut.

Iran telah menandatangani Memorandum of Obligation untuk menjadi anggota tetap Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO). Hal ini diungkapkan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian melalui Instagram terverifikasinya, Kamis (15/9).  

KTT SCO yang saat ini berlangsung di Samarkand, Uzbekistan, diharapkan bisa menyelesaikan syarat kepesertaan Iran, dan memberikan status mitra dialog kepada Mesir, Qatar dan Arab Saudi.

SCO merupakan organisasi antarabangsa di kawasan Asia yang beranggotakan China, Rusia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan dan Uzbekistan. Empat tahun laly, keanggotaan diperluas mencakup India dan Pakistan. Kecuali Uzbekistan, semua negara lainnya sebelumnya merupakan anggota Shanghai Five yang didirikan tahun 1996. SCO dideklarasikan pada tanggal 15 Juni 2001 setelah Uzbekistan bergabung.

Fokus awal SCO adalah memerangi ideologi ekstremis dan terorisme di Asia Tengah. Tujuannya sejak itu diperluas ke kerja sama ekonomi dan bekerja dengan badan-badan global termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa. SCO dianggap menjadi penyeimbang kekuatan organisasi NATO dan Amerika Serikat di wilayah tersebut.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA