Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Untuk Pertama Kali, Uzbekistan Persembahkan Penghargaan Order of Friendship ke Xi Jinping

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 16 September 2022, 08:04 WIB
Jalinan persahabatan China dan Uzbekistan mencapai babak baru pada Kamis (15/9), di mana presiden Xi Jinping menerima penghargaan Order of Friendship.

Order of Friendship adalah penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Uzbekistan kepada individu asing sebagai pengakuan atas kontribusi khusus mereka dalam  menumbuhkan hubungan persahabatan, menyelesaikan masalah hotspot internasional dan regional atau mendukung pembangunan nasional Uzbekistan.

Penghargaan tersebut diberikan Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev di sela pertemuan Organisasi Kerja Sama Shanghai ke-22 yang digelar di Samarkand. Ini merupakan penganugerahan pertama sejak ditetapkannya penghargaan tersebut.

"Xi telah memberikan kontribusi yang signifikan untuk memperdalam persahabatan antara kedua negara, serta memperkuat rasa saling percaya dan kerja sama," kata Mirziyoyev, seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (16/9).

"Rakyat Uzbekistan sangat menghormati presiden China," lanjutnya.

Mirziyoyev kemudian menambahkan bahwa pernyataan bersama yang ditandatangani oleh China dan Uzbekistan akan meningkatkan kemitraan strategis yang komprehensif antara kedua negara ke tingkat yang baru, lebih menguntungkan negara dan rakyat mereka.

Dia juga berharap China memiliki masa depan kemakmuran dan kesehatan yang baik bagi rakyatnya.

Xi pada gilirannya mengatakan penghargaan Ordo Persahabatan berbicara banyak tentang pentingnya tempat Uzbekistan dalam hubungan China-Uzbekistan dan keramahan yang mendalam dari orang-orang Uzbekistan terhadap orang-orang China.

Presiden China mengatakan kedua negara memulai koneksi lebih dari 2.000 tahun yang lalu melalui Jalur Sutra, dan pembentukan hubungan diplomatik antara kedua negara 30 tahun yang lalu membuka babak baru bagi rakyat.

"Kedua negara telah mencapai pertumbuhan lompatan dengan hasil yang bermanfaat dalam kerja sama di berbagai bidang," kata Xi.

Presiden China berada di Uzbekistan dalam kunjungan kenegaraan pertamanya sejak pecah pandemi Covid-19.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA