Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Armenia, Ketua DPR AS Nancy Pelosi Segera Terbang ke Yerevan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 16 September 2022, 12:20 WIB
Dukung Armenia, Ketua DPR AS Nancy Pelosi Segera Terbang ke Yerevan
Nancy Pelosi/Net
rmol news logo Belum lama setelah kunjungannya ke Taiwan menjadi kontroversi, Ketua DPR AS Nancy Pelosi dikabarkan akan bertandang ke Yerevan untuk bertemu Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan.

Menurut laporan Politico, Kamis (15/9), Pelosi akan didampingi rekannya sesama Demokrat asal California Jackie Speier sebagai upaya untuk menunjukkan dukungan kepada Armenia yang belum lama ini terlibat bentrokan dengan musuh lamanya Azerbaijan, yang mengakibatkan lebih dari 170 kematian.

Saat ini, Pelosi sedang berada di Jerman, di mana dia menghadiri KTT  G7 di Berlin untuk mendukung perjuangan Ukraina melawan Rusia. Menurut Politico, dia akan terbang ke Yerevan setelah konferensi dengan Speier, yang kebeulan adalah keturunan Armenia-Amerika.

Kantor Speier belum mengomentari laporan tersebut, sementara wakil kepala staf Pelosi Drew Hammill mengatakan kepada Politico bahwa mereka tidak akan mengkonfirmasi atau menolak perjalanan internasional terlebih dahulu terkait protokol keamanan.

Agustus lalu Pelosi melakukan perjalanan luar negeri pertamanya ke Taipei. Ini mengobarkan ketegangan antara AS dan China atas status Taiwan.

Perjalanan Pelosi ke Armenia datang di saat negara itu kembali terlibat bentrokan nerdarah di perbatasan dengan Azerbaijan. Puluhan tentara di kedua belah pihak tewas dalam baku tembak.

Setelah Yerevan mencari bantuan dari Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) yang dipimpin Rusia, di mana Armenia adalah anggotanya, Azerbaijan kemudian mengusulkan gencatan senjata kemanusiaan.

Di Amerika, diaspora Armenia telah meminta Washington untuk mendukung Yerevan.

“Armenia belum menerima perhatian seperti yang diterima Ukraina, dan ini akan menyoroti negara yang melintasi perbatasan internasional yang melanggar hukum internasional,” kata Anthony Barsamian, ketua bersama Majelis Armenia Amerika, mengatakan kepada Politico tentang kunjungan Pelosi. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA