Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bentrok dengan Tajikistan, Kirgistan Evakuasi Warga di Perbatasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 16 September 2022, 13:20 WIB
Bentrok dengan Tajikistan, Kirgistan Evakuasi Warga di Perbatasan
Perbatasan Kirgistan dan Tajikistan/Net
rmol news logo Bentrokan antara Kirgistan dan Tajikistan di perbatasan telah memakan korban jiwa dan korban luka, termasuk dari warga sipil. Untuk itu, pemerintah Kirgistan mulai mengevakuasi warganya yang berada di perbatasan pada Jumat (16/9).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Evakuasi warga sipil dari daerah berbahaya telah dimulai," kata jurubicara pemerintah Kirgistan.

Menurut data resmi, dua pasukan penjaga perbatasan Kirgistan dan tiga warga sipil terluka akibat permusuhan tersebut. Dushanbe mengatakan dua tentara tewas, enam tentara dan lima warga sipil menderita luka-luka.

Menurut kantor pers penjaga perbatasan Komite Nasional Kirgistan, pihak Tajik menyerang posisi Kirgistan di sepanjang perbatasan Kirgistan-Tajik pada Jumat pagi.

Sementara Komite Negara untuk Keamanan Nasional Tajikistan mengatakan bahwa tentara pos perbatasan Kirgistan Kok-Tash dari unit perbatasan Batken menembakkan senjata berat ke pos perbatasan Tajikistan Dushanbe dari detasemen perbatasan Isfara yang melanggar kesepakatan.

"Selain itu, tentara Kirgistan menggunakan, senjata berat dan mortir, melakukan serangan bersenjata di pemukiman Khojai Alo, Kum Mazor, Surkh, Somoniyon, Kulkand di desa Chorkuh di kota Isfara, serta Histevarz, Ovchikalacha di Distrik Bobojon Gafurov," kata komite itu, seperti dimuat Sputnik.

Baru-baru ini, kedua belah pihak sepakat untuk menarik peralatan militer mereka dari perbatasan dekat bagian Vorukh dan Chorkuh. Namun, pihak Tajik mengklaim bahwa militer Kirgistan tidak melakukannya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA